The news is by your side.

Luhut: Wisatawan Cina Cuman Dua Juta Pada Ribut

0

Oleh: Annisa Fadhilah  |   

Balicitizen.com, Jakarta – Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan bilang, salah satu potensi di depan mata yang bisa hilang karena virus corona atau covid-19 adalah devisa dari sektor pariwisata. Dia menyebut, terdapat 2 juta turis China yang berkunjung ke Indonesia per tahun. Angka tersebut berpotensi lenyap.

“Turis China ke dunia itu 173 juta, kita hanya 2 juta, jadi sangat kecil. Turis China ke Singapura 6 juta, turis China ke Jepang 6 juta dan seterusnya. Indonesia itu 2 juta saja udah pada ribut, ” ujar Luhut, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (20/2).

Menurut Luhut, dua juta wisatawan sudah pada ribut karena wisatawan itu memberikan kontribusi kepada perdagangan. Bahkan ke kontribusi lapangan kerja.

Dia juga menambahkan, produk tekstil dan alas kaki di Indondsia juga bisa kena pengaruh virus corona. Dia mengaku, bahan-bahan dari industri tersebut banyak juga yang diimpor dari China. “Puncaknya, industri ini bisa jadi tidak berproduksi lagi jika tak dapat pasokan bahan baku, ” tambah dia.

“SARS terjadi pada tahun 2003 itu hanya 4%. Virus corona bisa lebih 4 kali, hampir 5 kali. Jadi ini punya dampak besar ke kita, mungkin dalam 2 bulan ke depan kalau kita tidak hati hati menata itu akan berpengaruh ke ekonomi dalam negeri kita,” ujar Luhut.  Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.