The news is by your side.

Mahasiswa Bali Gelar Long March Tolak Revisi UU KPK

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Denpasar – Sekitar 300 massa aksi dari mahasiswa dan masyarakat Bali menggelar aksi menolak revisi UU No 30 tahun 2000 tentang KPK di depan gedung DPRD Bali, Kamis (12/9) siang. Massa memulai aksinya dengan long march dari parkir timur Lapangan Renon, Denpasar.

Javents Lumbantobing, Presiden Mahasiswa Universitas Udayana mengatakan aksi ini untuk menolak pelemahan KPK melalui revisi UU tersebut. Pasalnya dalam draft revisi ada 10 poin yang dianggap akan melemahkan KPK.

“Ini kami dari aliansi mashasiswa dan masyarakat Bali antikorupsi menolak direvisinya UU KPK yang digulirkan dpr pada 6 september. Juga menuntut kejelasan terkait panitia seleksi calon pimpinan KPK,” katanya, Kamis (12/9).

Ia mengatakan 10 poin dalam draft revisi yang melemahkan KPK di antaranya independensi yang akan terancam dan penyadapan yang dipersulit dan dibatasi.

Kemudian pembentukan dewan pengawas yang diilih DPR, sumber penyelidik yang dibatasi, penuntutan perkara korupsi harus koordinasi dengan Kejaksaan Agung, perkara yang dapat perhatian masyarakat tak lagi menjadi kriteria.

Lalu kewenangan pengambilalihan perkara di penuntutan dipangkas, kewenangan-kewenangan strategis dalam penuntutan dihilangkan, KPK berwenang menghentikan penyidikan dan penuntutan, serta wewenang KPK mengelola pelaporan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dipangkas. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.