The news is by your side.

Mahfud MD Dianggap Paling Pas Jadi Jaksa Agung

0

Oleh: Rudi Hasan  |

Balicitizen.com, Jakarta – Wakil Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS), Ferry Kusuma, menaruh harapan tinggi pada Mahfud MD. Dia optimistis Mahfud yang telah dipanggil ke Istana Merdeka hari ini punya kans kuat menjadi jaksa agung pengganti HM Prasetyo.

“Ya kita mendengar ada beberapa nama kan yang disebutkan akan mengisi posisi sebagai jaksa agung. Kalau Pak Mahfud MD secara figur dia sangat memahami soal hukum,” kata Ferry di Jakarta, Senin (21/10).

Menurut dia, figur Mahfud adalah sosok yang tepat. Sekarang tinggal menunggu keberanian saja tokoh ini mampu membongkar pelanggaran HAM berat masa lalu jika nanti benar-benar dipercaya memimpin korps Adhyaksa.

“Jadi itu pertanyaan sekaligus juga harapan kepada Pak Mahfud MD jika benar beliau yang akan menjadi jaksa agung,” ujar Ferry.

Menurut dia, ada 10 kasus yang sudah diselidiki oleh Komnas HAM. Ferry bertanya, kira-kira berapa kasus yang sudah terbayang oleh Mahfud MD untuk disidik ketika nanti menjadi jaksa agung.

Ferry akan menjadi yang terdepan untuk menagih keberanian Mahfud. Sebagai pakar hukum, Mahfud tentu paham bahwa Indonesia negara hukum, semua orang sama di depan hukum, dan hakikat negara hukum adalah penghormatan terhadap hak asasi manusia.

“Jadi harus menghormati hak para korban yang sudah puluhan tahun menuntut rasa keadilan itu,” kata dia.

Artinya, ada tugas berat yang akan dihadapi Mahfud jika benar menjabat Jaksa Agung. Sebagai pakar hukum, harus bisa mengimplementasikan hukum sebaik-baiknya.

“Kalaupun langit akan runtuh hukum tetap harus ditegakkan, Pak Mahfud pasti paham,” ujar dia. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.