The news is by your side.

Mantan Teknisi Boeing: Penumpang 787 Dreamliner Bisa Kehabisan Nafas Jika Dekompresi

2

Oleh: Eko P  |

Balicitizen.com, Jakarta – Seorang mantan manajer pengendalian kualitas produksi di pabrik Boeing di North Charleston, South Carolina membongkar adanya komponen cacat dalam pesawat Boeing 787 Dreamliner. Akibatnya, penumpang pesawat Boeing 787 Dreamliner terancam bisa kehabisan oksigen apabila tekanan udara di dalam kabin berkurang secara tiba-tiba (dekompresi).

John Barnett yang sudah 32 tahun bekerja sebagai insinyur pengendalian kualitas mengatakan hasil uji coba memperlihatkan adanya komponen cacat dalam sistem oksigen di pesawat jenis itu kemungkinan seperempatnya tidak akan bekerja apabila dibutuhkan.

Ia juga menekankan bahwa komponen cacat itu tetap dipasang dalam pesawat yang diproduksi di pabrik Boeing. Pernyataan ini disampaikannya meskipun Boeing berusaha keras membantah tuduhan ini dan mengatakan seluruh pesawat mereka dibangun dengan standar keselamatan dan kualitas tertinggi.

Selama 32 tahun sebagai insinyur Barnett berhenti karena alasan kesehatan bulan Maret 2017. Sejak tahun 2010 menjabat sebagai manajer pengendalian kualitas di pabrik Boeing di North Charleston, South Carolina.

Pabrik ini merupakan salah satu yang membuat 787 Dreamliner, pesawat paling canggih Boeing yang digunakan untuk penerbangan jarak jauh di berbagai negara.

Dreamliner merupakan pesawat yang laris manis di pasaran dan banyak dibeli maskapai dan menjadi sumber pemasukan Boeing yang besar.

“Karena ketergesaan untuk memproduksi pesawat, proses perakitan diburu-buru dan faktor keselamatan bisa dikorbankan karenanya,” ujar Barnett seperti dikutip BBC, Kamis(7/11).

Pada tahun 2016 Barnett menyatakan kepada BBC bahwa ia menemukan masalah dengan sistem oksigen darurat. Sistem ini bekerja untuk tetap memasok oksigen bagi penumpang dan awak, saat tekanan udara dalam kabin turun (dekompresi). Masker udara akan turun dari langit-langit pesawat untuk memasok oksigen dari tabung gas.

Tanpa sistem ini, siapa pun yang ada di pesawat akan lumpuh.

Pada ketinggian 35.000 kaki (sekitar 10.600 meter), kurang dari semenit penumpang akan pingsan. Pada ketinggian 40.000 kaki, mereka akan pingsan kurang dari 20 detik. Ini bisa disusul dengan kerusakan otak, bahkan kematian.

Dekompresi Bisa Terjadi Kapan Saja
Pada bulan April 2018, jendela pesawat Southwest Airlines meledak, sesudah terhantam serpihan mesin yang rusak. Seorang penumpang yang duduk di samping jendela cedera parah dan kemudian meninggal dunia.

Jendela yang meledak di pesawat Southwest Airlines sesudah terhantam serpihan dari mesin yang rusak menyebabkan hilangnya tekanan udara di dalam kabin.

Barnett mengatakan ketika sedang melakukan penonaktifan sistem yang mengalami kerusakan kecil ia menemukan bahwa beberapa tabung oksigen tidak terisi ulang seperti yang seharusnya.

Ia kemudian melakukan uji coba terkontrol dilakukan oleh Boeing sendiri. Uji coba ini dirancang untuk meniru sistem yang dipakai di dalam pesawat saat mengudara, dengan menggunakan sistem pemicu elektrik yang sama.

Barnett mengatakan dari 300 sistem yang diujicoba, 75 di antaranya tidak berjalan dengan baik, menunjukkan 25% kegagalan.

Barnett mengatakan upayanya untuk mempersoalkan ini lebih jauh dihentikan oleh manajer-manajer Boeing. Di tahun 2017 ia mengadukan hal ini kepada lembaga pengawas penerbangan Amerika Serikat, FAA, bahwa tidak ada tindakan apapun terhadap soal ini.

FAA mengatakan mereka tidak bisa menemukan dasar aduan Barnett karena saat itu Boeing menyatakan bahwa mereka sedang mengatasi persoalan tersebut.

Boeing sendiri membantah apa yang dinyatakan oleh Barnett. Boeing mengakui bahwa tahun 2017 mereka “mengetahui beberapa tabung oksigen dari pemasok luar tidak bekerja dengan baik, kami menyingkirkan tabung-tabung itu dari lini produksi sehingga tak dimasukkan ke dalam pesawat, dan kami telah menyelesaikan masalah itu dengan pihak pemasok”.

Dreamliner Laris Manis
Boeing Dreamliner pertama kali terbang tahun 2009 dan kini lebih dari 800 pesawat ini melayani berbagai maskapai di seluruh dunia.

Mereka juga mengatakan “setiap sistem oksigen penumpang yang dipasang di pesawat kami telah melalui uji coba berkali-kali sebelum dipasok untuk memastikan pesawat bekerja dengan baik, dan harus melewati uji coba lagi agar tetap bisa terpasang di pesawat”. “Sistem ini juga diuji coba secara rutin setiap kali pesawat dalam perawatan,” kata Boeing.

Namun ini bukan satu-satunya tuduhan kepada pabrik Boeing di South Carolina. Barnett juga menyatakan Boeing gagal mematuhi prosedur internal untuk melacak komponen proses perakitan. Ini menyebabkan adanya risiko komponen cacat berkemungkinan untuk “hilang” tak terlacak.

Barnett menyatakan para pekerja yang kerap berada dalam tekanan terkadang memasang komponen yang tak memenuhi standar, yang diambil dari penyimpanan komponen bekas, ke pesawat yang sedang diproduksi. Sedikitnya satu kasus seperti ini terjadi dengan diketahui oleh manajer senior.

Mengenai hal ini, di awal tahun 2017, sebuah hasil tinjauan FAA sepakat dengan kekhawatiran Barnett, menyatakan bahwa sekurangnya 53 komponen yang “tidak sesuai” tidak diketahui lokasi keberadaannya dan dianggap hilang. Boeing diperintahkan untuk mengambil langkah perbaikan.

Sejak itu, Boeing menyatakan mereka telah “sepenuhnya menyelesaikan temuan FAA terkait pelacakan komponen dan telah menjalankan tindakan perbaikan untuk mencegah terulangnya hal itu”.

Mereka tidak berkomentar lebih jauh terkait kemungkinan komponen yang tidak sesuai itu digunakan dalam pesawat yang diproduksi – dan seorang sumber di pabrik di North Charleston berkeras bahwa hal seperti itu tak mungkin terjadi. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait
2 Comments
  1. asmiranda says

    Hanya di DUPA88 Cukup dengan hitungan menit aja kita bisa berlimpah uang dan dapat bonus-bonusnya juga…BURUUUAN GUYS BERGABUNG DENGAN KAMI DI DUPA88

  2. ratih says

    kami website judi online terpercaya yang berani memberi anda kemenangan dengan hanya bermodal minimum 20.000 rupiah saja,
    anda bisa mendapatkan keuntugan puluhan juta!!
    Daftarkan segera dan langsung bermain, juga dapatkan berbagai macam bonus promo.
    Ingin membuktikannya ??? Langsung join bersama kami, di hoki165.co/tikuslewat.com 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.