The news is by your side.

Masjid Nurul Falah Wakili Bali dalam Lomba Masjid Seluruh Indonesia

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Buleleng – Sebanyak 105 masjid dari seluruh Indonesia mengikuti lomba masjid yang diselenggarakan Yayasan Alamalbakti Muslim Pancasila. Dari jumlah tersebut akan disaring menjadi 10 besar maajid yang dinilai sesuai ketentuan dan standar.

Di Bali, Masjid Nurul Falah Patas dari Gerogak, Buleleng disebut telah masuk 10 besar. Hal ini terungkap saat tim verifikasi loma mengunjungi masjid tersebut pada Jumat (20/9).

Mahpudi, tim verifikasi Yayasan Alamalbakti Muslim Pancasila mengatakan masjid Nurul Falah masuk karena dinilai telah berkembang dan masuk dalam kriteria yang ditentukan.

“Dari 10 besar yakni masjid Nurul Falah ini. Sudah berkembang dan masuk ke apa yang diinginkan pendiri masjid. Bali cuman satu yang ikut,” katanya, Jumat.

Ia menjelaskan lomba masjid ini bernama 999 fastabikhul khairat. Kegiatan ini untuk memotivasi para takmir masjid dalam rangka mewujudkan visi dan misi pembangunan masjid. Visi tersbeut yakni menajdikan masjid sebagai pusat peribadatan dan peradaban umat di sekitarnya.

“Ini baru pertama dilakukan sebelumnya kita pelatihan dulu. Manajemen masjid 2012-2017 sudah 300 peserta. Kita dorong mereka implementasi pelatihan itu,” katanya.

Program ini diluncurkan pada Februari 2019 lalu dan juaranya akan diumumkan 21 Oktober di Jakarta. Ia mengatakan dari seluruh Indonesia yang mendaftar 105. Kemudian disaring lagi hingga ditentukan tiga masjid terbaik.

Hal yang dinilai pertama yakni sisi peribadatan. Hal ini meliputi bagaimana penyelenggaraan salat, pelayanan umat, tempat wudhu, tempat parkir, organisasinya, dan lain sebagainya.

Kemudian dari sisi peradaban yakni apakah pendiikan diselenggarakan, layanan kesehatan, dan program pemberdayaan ekonomi.

“Syukur ada satu sisi lagi yakni lingkungan hidup. Ini nilai positif. Apakah sampahnya dipisah atau ada sumur resapan. Kemudian menggunakan energi surya atau angin sehingga kurangi listrik,” kata dia.

Semenrara itu, Wakil Takmir Masjid Nurul Falah Patas, Ahmad Hidayat mengaku optimis masjidnya akan masuk dalam tiga besar nantinya. Menurutnya semua kriteria yang disyaratkan telah ada dan dijalankan masjidnya.

“Alhamdulillah kalau persiapan kita tak terlalu banyak karena poin-poin sudah ada dari dulu di sini. Kita siap 90 persen. Optimis menang tiga besar, Insyaallah,” katanya kepada wartawan, Jumat. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.