The news is by your side.

Mayoritas Wajah Lama, Kinerja DPR Diprediksi Melempem

0

Oleh: Rudi Hasan  |

Balicitizen.com, Denpasar – Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) sudah memperkirakan bahwa kinerja para wakil rakyat yang baru tidak akan berbeda dengan periode sebelumnya.

Peneliti Formappi, Lucius Karus menyebutkan, 56 persen wakil rakyat terpilih yang dilantik nanti adalah wajah lama. “Jumlah ini termasuk 21 orang anggota DPR terpilih 2014 yang di-PAW namun maju kembali di Pemilu 2019,” ujar Lucius di Jakarta, Kamis (5/9).

Menurut dia, tak ada yang bisa diharapkan dari wajah-wajah lama itu. Apalagi jika mengingat dari segi administratif seperti kehadiran mereka dalam rapat, para legislator itu sering lalai. Hampir selalu ruangan tampak kosong saat sidang di parlemen.

Lucius menyebut, kondisi itu akan berulang di periode selanjutnya. “Apalagi mereka dimanjakan karena banyak RUU yang mulai dibahas pada periode ini,” kata dia.

Lucius berpendapat, ada beberapa hal yang mendorong kondisi ini terjadi. Pertama, tak ada evaluasi dari masyarakat. Buktinya, figur-figur lama tetap saja terpilih kembali, meski kinerjanya jauh dari kata baik.

Selain itu, ada juga kesalahan dari partai, terutama dalam meregenerasi kader baru di DPR. Partai seakan-akan abai mengakomodasi orang-orang yang punya semangat kerja.

“Dalam periode 2014-2019 juga banyak kader yang terbukti kinerjanya buruk dicalonkan kembali dan terpilih kembali. Dengan demikian parpol masih punya tugas berat untuk mengontrol kader-kader dalam melaksanakan tupoksi di DPR,” ujar dia. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.