The news is by your side.

Medan Sulit Jadi Kendala Pemadaman di Gunung Semeru

0

OlehRizki Daniarto   |   

Balicitizen.com, Surabaya – Polda Jawa Timur akan berkoordinasi dengan Kodam V Brawijaya dan Gubernur Jawa Timur untuk mengatasi kebakaran hutan di Gunung Semeru. Diharapkan kebakaran hutan yang terjadi itu segera dapat ditangani.

Kebakaran di Gunung Semeru sebenarnya sudah mulai dipadamkan. Proses pemadaman tersebut memang membutuhkan waktu meski api sudah padam. Pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) tak ingin kebakaran terulang kembali. Oleh karena itu, bara api yang masih tersisa harus dipadamkan pula.

Sebelumnya, Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Toni Harmanto turun langsung ke Resort Ranupani. Dia meninjau sekaligus mengoordinasikan proses penanganan titik api kebakaran hutan di kawasan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Kebakaran hutan yang berhasil dipadamkan beberapa hari lalu  itu ternyata masih muncul titik api lagi pada Senin (30/9).

“Kami akan informasikan dan berkoordinasi dengan Pangdam dan Gubernur Jawa Timur terkait kesulitan pemadaman kebakaran, sehingga bisa menyikapi masalah titik api di Gunung Semeru,” kata Toni Harmanto.

Dari hasil pantauan udara melalui helikopter terlihat bahwa hot spot (titik panas) posisinya ada yang di tebing curam.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, perlu penanganan yang terukur agar proses pemadaman api yang membakar kawasan hutan di lereng Gunung Semeru segera diatasi. Apalagi, titik api di daerah yang sulit dijangkau.

“Medan yang berat menjadi kendala. Tim dari mitigasi bencana saja menuju ke titik api rasanya sangat terbatas, sehingga kami berharap petugas perlu mendapatkan peralatan yang memadai melakukan pemadaman di sana,” tuturnya, Selasa (1/10).

Dandim Lumajang Letkol Inf Ahmad Fauzi yang ditunjuk sebagai Kepala Kendali Operasi Pemadaman menyatakan, segera mengerahkan personel dibantu jajaran BPBD Lumajang, Polres Lumajang, dan masyarakat untuk menjangkau titik api di kawasan Gunung Semeru. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.