The news is by your side.

Mengenal Autoimun, Penyakit Langka yang Belum Ada Obatnya

0

Oleh: Riki Z  |

Balicitizen.com, Denpasar – Sebagian dari kita mungkin masih awam dengan apa itu autoimun, termasuk bagaimana memperlakukan penyakit ini.

Autoimun adalah penyakit yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh (sistem imun) menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Normalnya, sistem kekebalan tubuh menjaga tubuh dari serangan organisme asing, seperti bakteri atau virus. Namun, pada seseorang yang menderita penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuhnya melihat sel tubuh yang sehat sebagai organisme asing. Tak mudah mengobati penyakit ini. Hingga saat ini belum ada obatnya. Yang bisa dilakuan adalah membiasakan pola hidup dan pola makan yang sehat

Clerry Cleffy Institute, bersinergi dengan Firda Athira Foundation dan Marizsa Cardoba Foundation terpanggil untuk melakukan pemberdayaan ekonomi kepada penyintas autoimun. Pada Minggu (30/6), ketiga lembaga ini memberikan pelatihan kewirausahaan dan modal usaha bagi penyandang autoimun.

Kegiatan bertajuk “Autoimun Berbagi Bahagia dengan Sahabat Autoimun di Bali, ini laksankan di Gapet Garden, Kerobokan, Kabupaten Badung. “Kegiatan ini untuk memberi dukungan kepada penyintas autoimun yang marginal baik anak-anak dan perempuan. Kita berikan bantuan usaha, pelatihan dan pemberdayaan ekonomi kreatif,”  kata Direktur Clerry Cleffy Institute, Dwi Prihandini.

Psikologi Perdamaian yang juga Inspirator Nasional Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI mengatakan, penyintas autoimun tidak boleh terpuruk. Mereka harus bangkit dan menjadi inspirasi bagi yang lain. “Harapan saya mereka dapat menjadi inspirasi bagi penyintas autoimun lainnya sehingga yang lain bisa bangkit dan berdaya,” ujar Dwi Prihandini. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.