The news is by your side.

Mentan Dorong Pengembangan Pertanian Lewat Sistem Cluster

0

Oleh: Bontolo  |

Balicitizen.com, Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memerintahkan semua jajaran di Kementerian Pertanian (Kementan) untuk membangun dan mengembangkan potensi pertanian di seluruh indonesia dengan sistem cluster.

Menurut Syahrul, sistem ini dinilai mampu menambah daya gedor ekspor yang jauh lebih besar.

“Hari ini saya perintahkan kepada Sekjen dan jajaran di Kementan untuk memperkuat sistem cluster di 34 propinsi. Kita punya potensi ubi kayu dan tanaman obat obatan, jadi harus didukung data yang lebih kuat. Untuk itu kita juga harus melakukan koneksi dan mixing aturan program,” kata Syahrul di Ditjen Tanaman Pangan Kementan, Pasar Minggu, Senin (2/12).

Mentan menegaskan, pemerintah juga membuka lebar masukan dan saran dari para eksportir yang berkaitan dengan penguatan sistem cluster ini. Dengan begitu, percepatan dan penguatan ekspor pertanian yang diharapakan bisa terlaksana dengan baik.

“Jadi apa yang bisa saya bantu dan apa yang bapak lakukan. Kalau kita kompak dan kita tahu mau kemana arahnya, maka endingnya juga akan jelas. Saya berharap kita tidak lagi bertemu dalam bentuk formal, tetapi kita bertemu di lapangan,” katanya

Menurut Syahrul, eksportir sebagai pionir ekspor sangat dibutuhkan dalam mewujudkan kebangkitan pertanian. Peran mereka juga diharapkan bisa membawa produk pertanian mendunia dan diterima di pasar internasional. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.