The news is by your side.

MK Majukan Pengumuman Hasil Putusan Sengketa Pemilu Besok Lusa

0

Oleh: Mujahir  |

Balicitizen.com, Jakarta – Rencana awal pembacaan hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa Pemilu 2019 pada 28 Juni dimajukan sehari lebih cepat yakni 27 Juni lusa. Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK), Fajar Laksono, menyatakan putusan Majelis Hakim MK terhadap hasil sidang sengketa gugatan pilpres akan dilaksanakan pada 27 Juni mendatang. Majelis hakim mengaku siap untuk membacakan putusan itu setelah melewati Rapat Permusyawahan Hakim (RPH).

“Itu bukan dimajukan. Tapi memang paling lambat tanggal 28 karena majelis hakim merasa sudah siap dengan putusan dan bersidang tanggal 27,” kata Fajar, Senin (24/6) di Jakarta.

Ia menjelaskan agenda RPH di antaranya membahas perkara, alat bukti, dalil permohonan, dalil sanggahan, keterangan saksi, dan ahli. Menurut dia, majelis akan mengambil putusan berdasarkan fakta dan dinamika di persidangan. “Sifat dari RPH itu tertutup. Di situlah kemudian hakim konstitusi membahas seluruh perkara dan mengambil keputusan yang akan diucapkan dalam sidang putusan nanti,” ujar Fajar. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.