The news is by your side.

Ombak Capai 4 Meter, Nelayanan Kedonganan Sudah 2 Hari Tak Melaut

0

Oleh: Rosid   |

Balicitizen.com, Badung – Made Daya (50) sudah dua hari ini tak pergi melaut. Nelayan asal Kedonganan, ini tak melaut karena ombak tinggi yang mencapai empat meter. Padahal, mencari ikan di laut menjadi sumber utama penghidupannya.

Daya mengaku tak tahu sampai kapan harus berhenti sementara melaut. Ia masih menunggu cuaca dan ombak tenang baru berani mealut.

“Tergantung ombaknya kalau bagus ya berangkat. Ada dua harian (tak melaut), karena ombaknya besar,” kata dia, Kamis (13/6) siang.

Daya bercerita dalam sehari biasanya ia memperoleh 100 kilogram ikan. Jenisnya yakni tongkol dan layar. Hari-hari biasa untuk ikan tongkol dijual Rp10 ribu dan layar Rp45 ribu. Namun, saat cuaca seperti ini ikan tongkol menjadi Rp20 ribu sementara layar harganya tetap.

“Karena tak melaut ya ga dapat uang,” kata dia.

Sementara itu, Karim (45) nelayan asal Banyuwangi tetap nekat melaut meski ombak besar. Hanya saja ia tak berani sampai ke tengah dan hanya di pinggir-pinggir saja. Imbasnya ikan yang diperoleh menjadi lebih sedikit. Jika biasanya bisa mendapatkam 100 kilogram kini paling banyak hanya dapat Rp60 kilogram.

“Ya, habis buat beli makan dan rokok,” kata dia.

Ia berharap ombak besar dan cuaca segera membaik. Pasalnya, ia menjadi tulang punggung keluarganya yang ditinggal di Banyuwangi. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.