The news is by your side.

Ombudsman: Keuangan Asabri Stabil Namun Manajemen Buruk

2

Oleh: Annisa Fadhilah |

Balicitizen.com, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa keuangan perusahaan asuransi Asabri stabil. Sementara ombudsman mengatakan bahwa Asabri memilki keuangan stabil tapi manajemennya buruk.

“Keuangan Asabri stabil karena mereka punya penghasilan tetap. Namun liat manajemennya dong,” ujar Anggota Ombudsman RI, Alamsyah Saragih di Hotel Ibis Tamarin, jakarta, Sabtu (18/1).

Menurut Alamsyah, manajemen Asabri itu buruk karena Asabri tidak mempunyai direktur kepatuhan. Hal ini sama seperti asuransi Jiwasraya.

“Ditambah lagi saham yang diinvestasikan itu sama seperti Jiwasraya. ini harus dilhat lagi, terutama manajemen investasinya,” ujar Alamsyah.

Alamsyah juga menambahkan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tak boleh lepas tangan dalam mengawasi Asabri. Walapupun ada peraturan yang menentukan pengawasan Asabri, yaitu PP 102 Tahun 2015 mengenai asuransi sosial prajurit TNI, anggota Polri dan pegawai aparatur sipil negara.

“Walaupun ada aturan tapi jangan sampai lepas tangan. Hal ini karena asuransi adalah keuangan juga,” ujar Alamsyah.

Oleh karena itu minggu depan Ombudsman akan memanggil OJK, tim manajemen perusahaan asuransi yang berkaitan, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan. Ombudsman akan memanggil pihak tersebut sambil mendalami masalah, membantu kesulitan meraka dalam menyelesaikan persoalan apabila ada yang bisa dibantu.

Alamsyah juga mengatakan alasan kenapa pihak kementerian juga dipanggil. “Biar kementerian juga tidak hanya saling menyalahkan,” tambah Alamsyah.

“Kami akan meninjau ini selama 30 hari. Nanti hasil nya akan Kita kasih ke DPR (Dewan Perwakilan Rakyat RI,” ujar Alamsyah.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan Asuransi Asabri tak ada kerugian. Namun, saham yang diinvesatasikan Asuransi Asabri yang diduga sama dengan Asuransi Jiwasraya banyak merosot.

“Saya tidak bisa bicara lebar soal penurunan saham Asabri yang sama dengan Jiwasaraya karena ada proses yang perlu dijalani. Namun keuangan Asabri masih stabil,” ujar Erick Thohir, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (16/1). Ari/INI/Balicitizen

 

Berita Terkait
2 Comments
  1. jessi says

    Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys…

  2. Marcella says

    ayo kunjungi qqharian,info banyak promo dan bonus menarik menanti anda

Leave A Reply

Your email address will not be published.