The news is by your side.

Papua Dirasa Aman, Wiranto Kunjungi Pengungsi Wamena

0

Oleh: Eko P  |

Balicitizen.com, Jakarta – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Memkopolkam) RI, Wiranto bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian beserta sejumlah Menteri kabinet kerja mengunjungi para pengungsi Wamena yang ada posko pengungsi kerusuhan Wamena di gedung Megantara Lanud Silaspapare, Jayapura, Papua, rabu(9/10).

Wiranto menyebut kunjungannya tersebut untuk menjemput para pengungsi agar kembali ke Wamena dan kembali menghidupkan perekonomian yang ada di Wamena, Papua.

Wiranto juga memastikan kepada masyarakat situasi di Wamena saat ini sudah kondusif, TNI dan POLRI akan selalu menjamin keamanan yang ada di Wamena.

“Kita bisa lihat pagi ini bahwa ada 102 orang yang dipulangkan ke Wamena, jadi bisa kita simpulkan bahwa situasi disana sudah aman dan kondusif.

Jangan takut lagi untuk kembali ke Wamena. Kita bisa lihat bahwa warga sudah rindu untuk kembali memulai kembali usaha yang sudah dirintis bertahun tahun lalu. Mereka yakin bahwa hidup mereka disana,” katanya di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura.

Adapun jumlah pengungsi yang ada di gedung Megantara lanud silaspapare sebanyak 126 jiwa terdiri dari anak anak dan dewasa.

Para pengungsi yang bertahan di posko pengungsian selama satu minggu tersebut akhirnya dipulangkan menuju Wamena dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara, Rabu (9/10) pagi.

Menkopolhukam Wiranto juga mengimbau kepada para pengungsi yang masih berada di Jayapura maupun yang sudah kembali ke kampung halamannya agar kembali ke Wamena.

“Kita bisa lihat bahwa warga sudah rindu untuk kembali memulai kembali usaha yang sudah dirintis bertahun tahun lalu. Mereka yakin bahwa hidup mereka disana,” tambahnya.

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.