The news is by your side.

Pastikan Ketersediaan Bibit Sapi Bali Selalu Ada

0

Oleh: Angga Wijaya  |

Semen itu sendiri adalah mani yang berasal dari pejantan unggul yang digunakan untuk inseminasi buatan. Kemudian semen beku disimpan dalam kontainer kriogenik berisi nitrogen cair pada suhu – 196 derajat Celcius. Semen beku  sapi  yang mengandung bibit unggul inilah yang nantinya disebarkan ke  masyarakat.

Balicitizen.com, Denpasar – Bali memiliki Balai Inseminasi Buatan Daerah (BIBD) yang bertempat di Baturiti, Tabanan. Tempat ini menjadi pusat pengembangan bibit sapi Bali yang unggul.

Kemarin, Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra meninjau UPT Balai Inseminasi Buatan Daerah (BIBD) Provinsi Bali di Baturiti, Tabanan.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Dewa Indra yang didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali I Wayan Mardiana menyampaikan apresiasinya serta dukungannya terhadap upaya pelestarian plasma Nutfah sapi Bali yang terus dilakukan di tempat ini melalui proses produksi dan pendistribusian semen (sperma) beku dari sapi Bali. Plasma Nutfah atau yang disebut sumber daya genetik hewan menjadi sebuah kebanggaan daerah khususnya di Bali yaitu sapi Bali. “Sapi Bali merupakan plasma Nutfah yang memiliki banyak keunggulan karena memiliki penampilan, produksi dan reproduksi yang sangat baik. Karena itu tempat ini memegang peranan yang sangat penting dalam pelestarian sapi Bali sekaligus pelestarian keragaman hayati yang kita miliki. Untuk itu pastikan ketersedian semen beku  selalu ada dan berkesinambungan, sehingga sapi Bali terus menjadi sapi yang unggul dan keberadaannya tetap  lestari, ” imbuhnya. 

Dewa Indra juga berharap agar kedepannya UPT BIBD dapat terus meningkatkan kerjasama dan sinergitas dengan pihak lainnya dalam kerangka yang saling menguntungkan kedua belah pihak, dengan demikian layanan penyediaan bibit unggul kepada masyarakat akan tetap optimal. 

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali menyampaikan bahwasannya  UPT BIBD memiliki tugas pokok dan fungsi untuk memproduksi dan mendistribusikan semen beku. Semen itu sendiri adalah mani yang berasal dari pejantan unggul yang digunakan untuk inseminasi buatan. Kemudian semen beku tersebut disimpan dalam kontainer kriogenik yang berisi nitrogen cair pada suhu – 196 derajat Celcius. Semen beku  sapi  yang mengandung bibit unggul inilah yang nantinya disebarkan ke tengah  masyarakat. Ditambahkan Mardiana, untuk di UPT BIBD Provinsi Bali,  tidak hanya melakukan inseminasi terhadap sapi Bali tetapi juga ternak babi. Di UPT ini terdapat sekitar 15 sapi jantan, 10 sapi betina, 13 babi jantan dan 12 babi betina. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.