The news is by your side.

Paus Pilot Ditemukan Mati dengan Banyak Luka

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Singaraja – Paus jenis pilot ditemukan warga terdampar di Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, Jumat (23/8) sekira pukul 06.00 wita. Saat ditemukan paus tersebut sudah mati dengan banyak luka di tubuhnya.

Paus tersebut berjenis pilot dengan panjang 2,3 meter dan beratnya 100 kilogram. Diperkirakan sudah mati sekitar dua hari yang lalu.

“Lukanya itu cenderung bulat, sehingga diduga akibat dimakan oleh ikan,” kata Dosen Jurusan Perikanan Kelautan Undiksha, Gede Iwan Setiabudi, Jumat (23/8).

Dari pemeriksaan yang ia lakukan ada 8 luka di tubuh paus jenis pilot ini. Kemungkinan besar diduga dimakan oleh ikan predator.

Disebutkan jenis paus ini memang kerap muncul di perairan Bali Utara. Musababnya, habitatnya memang berada di perairan tropis Indonesia. Selanjutnya rencanaya pihaknya akan bekerjasam dengan Universitas Udayana untuk mencari tahu penyebab matinya paus tersebut. 

“Paus ini memang habitatnya di daerah tropis. Perairan Buleleng salah satu habitatnya, karena pergerakannya biasanya bersamaan dengan lumba-lumba,” ucapnya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.