The news is by your side.

Pemilik 2 Kg Ganja Dutuntut 19 Tahun dalam Sidang Online

0

Oleh: Ari   |

Balicitizen.com, Denpasar – Terdakwa pembawa ganja seberat 2 kilogram (kg) bernama Azis Ubaidillah (25) dituntut berat dengan hukuman 19 tahun penjara. Tuntutan ini dibacakan oleh jaksa dalam sidang virtual atau sidang secara online.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi Bali yang menuntut pria asal Lampung adalah Jaksa Eddy Arta Wijaya.

Terdakwa juga dituntut pidana denda sebesar Rp 2 miliar subsidiari 4 bulan penjara. Dalam tuntutannya,
jaksa memohon kepada majelis hakim yang menangani perkara ini agar menjatuhkan hukuman selama 19 tahun penjara. “Hal ini sebagaimana tertuang dalam Pasal 114 ayat (2) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” katanya, Rabu (24/6).

Dalam sidang ini terdakwa dinilai melakukan tindakan pidana karena nekat menjadi pengedar Narkotika jenis ganja sebanyak 2.799,07 gram netto.

Terhadap tuntutan ini, terdakwa yang didampingi tim penasehat hukum dari LBH Peradi Denpasar langsung menyampaikan pembelaan secara lisan. Pada intinya, meminta keringanan hukuman dari majelis hakim.

Dalam dakwaan JPU, terdakwa berhasil diringkus berkat laporan masyarakat ke Direktorat Narkoba Polda Bali yang menyebutkan bahwa di Desa Pedungan, Denpasar Selatan sering terjadi transaksi Narkotika.

Selanjutnya pada Selasa 17 Maret 2020, sekitar pukul 00.30 Wita, terlihat seorang pemuda (berikutnya diketahui sebagai terdakwa) dengan gerak gerik mencurigakan sedang mengendarai sepeda Beat warna Mengenai Hitam No. Pol: 5091 Z.

Polisi kemudian mencegat terdakwa dan langsung dilakukan penggeledahan baik badan maupun pada sepeda motor yang dikendarai terdakwa. Hasilnya, Polisi berhasil mendapatkan 4 paket plastik klip masing-masing berisi ganja. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.