The news is by your side.

‘Penderita HIV/AIDS Bukan Monster yang Harus Ditakuti’

0

Oleh: Riki z  |

Balicitizen.com, Singaraja – Angka kasus HIV/Aids di Bali masih cukup tinggi. Adanya diskriminasi serta stigma masyarakat kepada penderita makin memperparah kondisi ini.

Putri Koster yang juga istri Gubernur Bali mengajak untuk selalu peduli pada pemberantasan narkoba serta penanggulangan HIV/AIDS. “Kampanye ini juga menekankan untuk tidak menjauhi para penderita HIV atau ODHA, bahwa mereka juga manusia, bukan monster yang harus ditakuti dan dijauhi. Yang kita berantas adalah penyakitnya, bukan ODHA-nya,” paparnya.

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk setia dengan satu pasangan.  “Hindari penggunaan jarum secara bergantian,” ujarnya dalam sebuah acara Hari Keluarga di Singaraja.

Data dari Dinas Kesehatan, angka kumulatif kasus human immunodeficiency viruses (HIV) atau acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) di Bali dari tahun 1987 hingga 2018 mencapai 20.471 orang. Kasus penyebarannya tertinggi masih di kota besar seperti Denpasar.

Di ibukota Provinsi Bali ini  jumlah kasus penderita mencapai 4.880 orang. Kemudian disusul peringkat kedua dengan jumlah penyebaran tertinggi afalah kabupaten Badung dengan 2.187 orang.

Untuk peringkat tiga kasus penyebaran tertinggi berada di wilayah Kabupaten Buleleng dengan jumlah kasus sebanyak 1.786 orang. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.