The news is by your side.

Penemu Metode Baru Pengobatan Stroke Itu Dipanggil ke Istana

0

Oleh: M Aulia Rahman   |

Balicitizen.com, Jakarta – Mayjen TNI dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) adalah sosok yang menghabiskan kariernya di dunia medis. Ia menemukan metode baru untuk pengobatan stroke, yakni dengan terapi ‘brain wash‘ atau cuci otak. Terawan dikenal dengan menerapkan metode tersebut pada penderita stroke.

Metode tersebut menimbulkan polemik di kalangan praktisi dan akademisi kedokteran. Namun, Terawan mampu membuktikannya. Dalam pengalamannya, penderita stroke bisa sembuh pada waktu 4-5 jam pascaoperasi. Dengan nama paten ‘Terawan Theory’ metode tersebut telah diterapkan di Jerman.

Lahir pada tanggal 5 Agustus 1964, berpasangan dengan Ester Dahlia, Terawan dikaruniai satu buah hati bernama Abraham Apriliawan.

Sejak kecil, pria kelahiran Yogyakarta 55 tahun silam ini gemar makanan lontong balap dan tahu campur. Dan memang sejak dulu, ia memiliki cita-cita untuk menjadi seorang dokter. Terawan menyelesaikan pendidikan kedokterannya di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada tahun 1990 saat usianya menginjak 26 tahun.

Kemudian, ia menyelesaikan pendidikan kedokteran spesialisnya di Departemen Spesialis Radiologi di Universitas Airlangga, Surabaya. Setelah lulus di usia 40 tahun, Terawan langsung mengabdi sebagai dokter TNI Angkatan Darat.

Selama menjadi dokter TNI-AD, ia ditugaskan ke beberapa daerah, di antaranya Bali, Lombok, dan Jakarta. Tak habis menimba ilmu, dokter murah senyum ini menempuh pendidikan hingga doktor dengan melahirkan karya ilmiah yang luar biasa.

Terawan menempuh program doktor dan lulus pada tahun 2013 di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar. Disertasi berjudul “Efek Intra Arterial Heparin Flushing Terhadap Regional Cerebral Blood Flow, Motor Evoked Potentials, dan Fungsi Motorik pada Pasien dengan Stroke Iskemik Kronis” ia sertakan dalam studi doktoralnya di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kualitas sosok Terawan makin sempurna setelah diangkat menjadi Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pada tahun 2015 hingga saat ini. Ia menjadi orang yang ke-34 dipanggil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Kepresidenan, Selasa (22/10).

Kali ini, Pria yang menjalankan praktiknya di RSPAD Gatot Soebroto berpenampilan beda. Terawan kerap ditemui mengenakan seragam khas militer warna hijau, tadi ia memakai kemeja putih dan celana hitam.

Profil:

Nama lengkap: Mayjen TNI dr. Terawan Agus Putranto Sp.Rad(K).

Profesi: Tentara

Tempat / Tgl Lahir: Yogyakarta, 5 Agustus 1964

Jabatan:

– Kepala RSPAD Gatot Soebroto.
– Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia.

KELUARGA

Istri: Ester Dahlia

Anak: Abraham Apriliawan

PENDIDIKAN:

S1, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM), 1990

S2, Spesialis Radiologi. Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, 2004

S3, Doktor Fakultas Kedokteran, Universitas Hassanuddin (Unhas), Makassar, 2013

Karya/Prestasi:

– Bintang Mahaputra Naraya, 2013
– Hendropriyono Strategic Consulting (HSC), 2015
– Penemu Terapi Cuci Otak dan Penerapan Program DSA Terbanyak, Rekor MURI, 2017
– Penerima Bidang Kedokteran, Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) XV, 2017

KARIER:

dokter, 1990

Tim Dokter Kepresidenan, 2009

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia

Ketua World International Committee of Military Medicine

Ketua ASEAN Association of Radiology

Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, 2015-sekarang

Angggota, Akademi Ilmu Pengetahuan Yogyakarta (AIPYo), 2016. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.