The news is by your side.

Pengamat: PDIP Harus Laporkan Komisioner KPK ke Dewas

0

Oleh: muhajir  |

Balicitizen.com, Jakarta – Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti, meminta PDI Perjuangan melaporkan penyidik atau komisioner KPK ke Dewan Pengawas. Ini untuk menguji pernyataan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, dan Politikus PDIP, Masinton Pasaribu.

Hasto sebelumya menyebut ada yang sengaja membuat framing dalam kasus suap PAW di DPR. Sementara Masinton menyalahkan KPK dan menganggap ada unsur politik upaya penggeledahan di Kantor DPP PDIP.

“Harus dibuktikan. Sebab, jika hal ini hanya sebatas pernyataan biasa, tentu tidak akan dapat membangun KPK yang kuat, konstitusional dan adil,” kata Ray melalui pesan singkat di Jakarta, Senin (13/1).

Oleh karena itu, kata dia, sudah merupakan kewajiban moral bagi Hasto dan Masinton Pasaribu untuk melaporkan penyidik atau komisioner KPK ke Dewan Pengawas KPK. Laporan itu berdasarkan adanya dugaan tindakan melakukan framing buruk terhadap individu ataupun parpol.

“Apalagi langkah framing itu misalnya dilakukan dengan tindakan ilegal,” ujarnya.

PDIP adalah salah satu fraksi DPR yang paling terkemuka dalam hal menuntut revisi UU KPK yang memuat pembentukan Dewan Pengawas. Salah satu kewenangannya adalah memberi izin penyadapan, penyitaan, dan penggeledahan.

Tentu saja, kata dia, kewajiban moral PDIP memastikan seluruh proses itu dipatuhi KPK. PDIP juga harus memastikan bahwa dewan pengawas dapat berfungsi dengan semestinya.

Menurut dia, akan mengherankan jika revisi UU KPK telah dilakukan, komisioner baru KPK telah ditetapkan, dewan pengawas telah dibentuk, tapi PDIP tidak mempergunakan mekanisme yang dibuat oleh mereka sendiri. PDIP masih mempergunakan jalur opini untuk membuktikan dugaan adanya framing atau tindakan ilegal yang dilakukan oleh KPK.

“Maka dengan ini, kita mendesak agar Masinton atau saudara Hasto K untuk sesegera mungkin melaporkan penyidik KPK atau komisionernya ke Dewan Pengawas,” ujarnya. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.