The news is by your side.

Penggeledahan KPK Diumumkan, Pakar Hukum: Pertama Kali Dalam Sejarah

1

Oleh: Rudi Hasan  |

Balicitizen.com, Jakarta – Pakar hukum Abdul Fickar Hadjar memandang sinis pengumuman geledah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut dia KPK pimpinam Firli Bahuri mencetak sejarah baru.”Pertama kali dalam sejarah, penggeledahan diumumumkan waktunya dan penggeledahan dilakukan setelah 4 hari OTT he he,” kata Fikar saat dihubungi, Senin, (13/1).

Dia membeberkan, penggeledahan itu tak akan optimal. Sebab pihak yang akan digeledah sudah menghilangkan barang bukti. Sehingga penyidik tak akan membawa pulang barang-barang yang berkaitan dengan kasus.

“Ya pasti barang yang ada kaitannya dengan kejahatan pasti sudah raib diamankan,” kata dia.

Harusnya, kata Fikar, penggeledahan atau penyitaan itu bagian dari OTT. Karena dengan sistem Operasi Tangkap Tangan juga dapat dilakukan penggeledahan sekaligus dalam waktu yang sama.

“Inilah akibat langsung dari sistem yang baru, dimsna birokrasi perizinan Dewan Pengawas menghambat pemberantasan korupsi,” ujar dia.

Menurut Fikar, selama sistem (UU) seperti ini yang menempatkan KPK bukan lagi lembaga yang independen. Maka penegakan hukum korupsi akan terus tidak jelas seperti ini.

“Karena itu apapun JR atau Perpu dari Presiden tujuan akhirnya bagaimana KPK sebagai lembaga menjadi independen, sehingga kerja-kerja pemberantasan korupsi menjadi lancar dan cita cita membersihkan Indonesia dari korupsi bukan lagi menjadi impian,” kata dia. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait
1 Comment
  1. jessi says

    Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys…

Leave A Reply

Your email address will not be published.