The news is by your side.

Pengolahan Sampah Harus Tuntas Sejak di Dalam Rumah

0

Oleh: Ari  |

Balicitizen.com, Denpasar – Pemprov Bali kini sedang menyiapkan sejumlah program pengolahan sampah. Sejumlah referensi sudah dipelajari seperti misalnya cara pengolaham di Surabaya.

Terkait dengan hal itu, Pemprov Bali bakal menerapkan pengolahan sampah yang sudah harus tuntas sejak dalam rumah tangga.

Kepala Bidang Pengolahan Sampah Limba B3 dan Peningkatakan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali Made Dwi Arbani mengatakan, Pemprov Bali sedang menyiapkan regulasi agar sampah Bali harus diselesaikan di tingkat rumah tangga. “Kalau pun ada sampah anorganik, maka harus selesai di tingkat kabupaten,” katanya, Rabu (18/9).

Menurutnya, salah satu kota di Indonesia yang sudah mampu mengolah sampah dengan baik adalah Surabaya, melalui program reduce, reuse, dan recycle (3R). Bali perlu belajar dari Kota Surabaya karena program 3R di Kota Surabaya sudah menjadi landasan upaya pengolahan sampah secara mandiri oleh masyarakat.

Menurutnya, adalah partisipasi masyarakat yang dengan kesadaran yang tinggi dalam mengolah sampah dan komitmen serta kehadiran pemerintah.

Kata dia di wilayah Bali akan dilakukan pengolahan sampah berbasis rumah tangga.

Namun demikian, Bali harus dilakukan berbeda dengan Surabaya. Sebab, Bali memiliki kearifan lokal dimana seluruh desa adat di Bali memiliki awig-awig. Dari awig-awiq inilah nanti bisa diimplementasikan oleh warga. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.