The news is by your side.

Perahu Pengangkut Sampah Dibuat dari Seratusan Botol dan Jerigen Bekas

0

Oleh: Rosid   |

Banyak cara untuk mengolah limbah sampah plastik,seperti disulap menjadi kerajinan atau dibuat tas ramah lingkungan. Bahkan jadi perahu.

Balicitizen.com, Denpasar – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kota Denpasar mengembangkan barang bekas menjadi perahu yang terdiri dari botol dan jerigen bekas.

I Made Murah, penggagas ide sekaligus desainer perahu plastik ini mengatakan perahu ini dirancang untuk dimanfaatkan warga membersihkan sampah yang ada di sungai.

“Sebenarnya perahu ini akan diberikan pada komunitas Tukad Badung yang peduli akan aliran Tukad Badung dari sampah, agar bisa dimanfaatkan,” ungkapnya di sela-sela pameran HUT Denpasar ke-231 di Lapangan Lumintang.

Perahu rakitan yang mampu memuat 4 orang dewasa ini memiliki panjang 4 meter dan tinggi 80 centimeter.

Dibutuhkan 30 jerigen dan 150 botol plastik bekas serta waktu 3 minggu untuk menjadikan sebuah perahu plastik ini.

“Bisa muat 4 orang dewasa, kita juga pernah mencobanya di tukad Ayung. Cuma kelemahan perahu ini tidak bisa melewati arus yang deras,” jelas salah satu staf DLHK Denpasar ini.

Kedepannya dia berharap akan banyak karya perahu yang diciptakan untuk dipergunakan di sejumlah sungai yang ada di Denpasar.

“Kita ingin kedepannya setiap sungai ada perahu-perahu plastik selain bisa dimanfaatkan untuk membersihkan sampah juga bisa dimanfaatkan untuk bermain anak-anak,” jelasnya.

Dia  juga berkeinginan untuk membuat perahu-perahu plastik dimanfaatkan para pedagang yang dapat berjualan di kawasan taman pancing seperti pasar Terapung yang ada Sungai Barito Kalimantan Selatan. ( ros/ari )

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.