The news is by your side.

PGRI: Pendidikan Itu Soal Memberikan ‘Service‘

1

Oleh: Anisa Tri K  |

Balicitizen.com, Jakarta – Menyoal tentang tingkat pendidikan, Indonesia masih terkendala dengan pemerataan kualitas guru pendidik, terutama mereka yang berada di daerah. Menanggapi tingkat kesuksesan pemerataan pendidikan, Qudrat Nugraha Pembina PGRI mengatakan, jika pendidikan adalah soal memberikan service.

“Tingkat kepuasan terhadap Kemendikbud yang harus ditanyakan adalah yang dilayani, orang tua siswa dan siswa. Bukan kata sendiri yang menyelenggarakan,” ujarnya saat ditemui di Jakarta, Senin (30/12).

“Menurut saya, jangan sering-sering men-Jakarta-kan semua. Di Indonesia itu, abad 1.0 abad 2.0 sekolah ada itu di Indonesia. Contohnya, di pegunungan di sungai di hutan di papua masih ada yang bentuknya abad 1.0, abad 2.0. Kalau men-Jakarta-kan semua, saya rasa sulit. Orang-orang kementerian itu jangan melihat angka statistik. Sepertinya sedikit, tapi ini manusia. Orang itu tidak bisa dipakai statistik. Sekecil apapun, pelayanan terhadap pendidikan di improve kebutuhannya sesuai secara demokratis,” lanjutnya.

Qudrat mengingatkan, jika cita-cita PBB di dunia adalah global citizenship yang mengandung arti demokrasi pendidikan. “Cita-cita PBB demokrasi pendidikan itu, boys and girls everywhere in the world tolong diberikan pendidikan oleh guru yang berkualitas sama. Mampu tidak guru yang berada di pedalaman? Mari semua stakeholder pendidikan berpik ke arah sana,” imbuhnya.

Untuk itulah, Qudrat berharap, pendidikan itu guru nya harus senang mengajar, siswanya juga senang.
“Bukan jamannya lagi berkualitas itu siswanya harus disiksa, guru nya harus capek, orang tuanya tersiksa mikirin bagaimana tugas besok, sementara di negara lain sudah tidak ada tugas. Mari kita ubah paradigma kita tentang pendidikan,” tegasnya.

Dengan demikian maka bukan tidak mungkin jika nantinya kualitas pendidikan Indonesia setara seperti Finlandia yang dikenal sebagai sistem pendidikan terbaik di seluruh dunia. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait
1 Comment
  1. asmiranda says

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi..
    jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu
    segera aja ke qqharian,info dan jangan lupa join now yach…
    bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.