The news is by your side.

Politikus PDI-Perjuangan Ditahan Kejati

0

Oleh: Rizky Daniarto  |

Balicitizen.com, Surabaya – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur menahan mantan anggota DPRD Jombang  Wulang Suhardi. Sebelumnya dia ditetapkan sebagai tersangka kredit fiktif Bank Jatim Cabang Jombang. Penahanan dilakukan di Rutan Kejati Jawa Timur.

Politisi PDI Perjuangan tersebut terlibat kasus kredit fiktif dengan melakukan penyelewengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim Cabang Jombang senilai Rp 5,4 miliar.

“Modus korupsi yang dilakukan tersangka adalah dengan mencatut nama orang lain untuk mencairkan KUR di Bank Jatim Cabang Jombang,” kata Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jawa Timur Rudy Irmawan.

Penahanan dilakukan Kejati Jatim untuk mempermudah proses penyidikan. “Selain itu agar tersangka tidak melarikan diri dan menghilangkan barang bukti,” ungkap Rudi, Selasa (24/9).

Sebelumnya, dugaan korupsi ini bermula ketika Wulang saat menjabat anggota dewan pada periode 2009-2014 mengajukan KUR untuk 11 debitur. Namun nama debitur yang dicatut merasa tidak pernah menerima KUR yang diajukan tersangka.

Wulang enggan memberikan keterangan saat berjalan menuju rutan Kejati Jawa Timur. Dalam kasus ini, Kejati Jawa Timur juga telah menyeret nama mantan anggota DPRD Jombang Siswo Iryana.

Wulang dijerat pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 jo pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) KUHP. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.