The news is by your side.

Provinsi di China Ini Juga Belajar dari Bali Pengelolaan Pariwisata

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Denpasar – Delegasi dari Fujian Province Of China dan Pingtan Delegations bertatap muka dengan Gubernur Bali I Wayan Koster. Dalam kunjungannya delegasi ini juga menekankan jika kedua belah pihak bisa saling belajar, seperti misalnya Bali yang bisa dipelajari pengelolaan pariwisatanya.

Mr Cheng Sang Kuan sempat memaparkan kondisi geografis Pingtan yang merupakan pulau terbesar kelima di Tiongkok. Disebutkan, Pingtan terletak di bagian timur laut Provinsi Fujian, China, terdiri atas 126 pulau kecil dan 702 batu karang. Karenanya, pulau ini dikenal sebagai pulau ribuan terumbu karang (coral).

Pulau memiliki luas daratan sekitar 392,92 kilometer persegi, dan luas laut 6.064 kilometer persegi. Mengenai populasi di pulau tersebut, ia mengatakan sekitar 440.000 jiwa.

“Provinsi Bali adalah tujuan wisata terkenal di Indonesia dan dunia, sehubungan dengan pemandangan alam dan manusianya yang indah. Ada banyak pengalaman dalam pengembangan industri pariwisata, manajemen operasi pariwisata, serta perencanaan dan konstruksi perkotaan yang patut dipelajari dari Bali. Saya berharap kedua tempat ini dapat memperkuat pertukaran dan kerja sama,” ujarnya.

Pemerintah pusat Tiongkok kata dia sangat mementingkan pengembangan terbuka Pingtan dan memberi Pingtan tiga zona unggulan, yakni ‘zona eksperimental, zona perdagangan bebas + pulau wisata internasional’.

“Pada bulan November 2011, pemerintah kami menyetujui ‘Rencana Pengembangan Keseluruhan Area Eksperimental Pingtan’, selanjutnya pada bulan April 2015, area Pingtan dari Zona Perdagangan Bebas Fujian secara resmi didirikan,” ucapnya seperti dalam keterangan resminya yang diterima Selasa (16/7).

Selanjutnya 8 Agustus 2016, Komite Pusat menyetujui ‘Pariwisata Internasional Pingtan’ dan program pembangunan pulau di kawasan itu. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.