The news is by your side.

Ribuan Mahasiswa Jogja Turun Jalan Protes RKUHP

0

Oleh: Julian Pradana  |

Balicitizen.com, Yogtakarta – Reribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, dan masyarakat sipil, turun ke jalan di seputar kampus Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Massa yang menamakan dirinya Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) berjalan menuju dari pertigaaan Jalan Colombo, Kantor RRI Yogyakarta, menuju depan kamopus Unibersitas Sanata Dhar Yogyakarta, sembari meneriakkan yel-yel anti pemberangusan.

“Hapus Undang-Undang Pembarungan Demokrasi, Hapus Undang-Undang Pengekangan Hak,” demikian yel-yel yang terus menggema.

Sebelumnya, sejak pagi sekumpulan mahasiswa dari ARB Poros Utara telah berkumpul di depan Kampus Sanata Dharma.

Komponen mahasiswa yang kini sudah terlihat ada di jalanan, diantaranya dari UMY Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga, kemudian mahasiswa dari UGM. UNY, dan Universitas Janabadra Yogyakarta.

Sementara di seputaran, Jalan Gejayan, Yogyakarta, terlihat masaa masih banyak yang terus bergabung yakni dari arah urata Selokan Mataram, dan dari arah Jalan Solo.

Benedictus, Koordinator ARB Poros Utara, mengatakan berkumpulnya mahasiswa di depan sanata dharma karena  titik ini disepakati sebagai titik kumpul semua komponen ARB.

Meskipun Universitas Sanatha Dharma telah mengeluarkan surat pernyataan tidak terlibat dalam aksi.

“Surat pernyataan keluar h-1 sedangkan titik kumpul telah diteentukan jauh-jauh hari,” katanya. Sedang mahasiswa Sanata Dharma juga banyak yang ikut serta dalam aksi ini meski kampusnya menyatakan tidak terlibat secara institusional. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.