The news is by your side.

Ribuan Pecalang di Bali Dikumpulkan Jelang Pelantikan Presiden

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Denpasar – Petugas pengamanan adat atau pecalang di Bali dikumpulkan oleh Polda Bali menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Selain pecalang, petugas Bhabinkamtibmas seluruh Bali juga dikumpulkam di Gereja Lembah Pujian, Denpasar, Kamis (17/10).

Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose mengajak pecalang ikut membantu kepolisian dan TNI menjaga keamanan di lingkungan masing-masing meskipun sampai saat ini tidak ada gejolak di Bali. “Kegiatan ini sebagai kesiapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Meskipun tidak ada hal signifikan terjadi di Pulau Dewata, tetapi kita tidak boleh underestimate,” ujarnya.

Kapolda menegaskan, 13.000 personel Polda Bali disiagakan untuk pengamanan dibackup TNI dan juga pecalang. Dengan salih bahu-membahu, Irjen Golose sebagai penanggung jawab keamanan meyakini situasi kamtibmas khusunya di Bali tetap kondusif. “Saya berterima kasih kepada pecalang karena selama ini ikut berperan aktif menjaga keamanan. Pecalang merupakan benteng terakhir keamanan di desa untuk menangkal terutama intoleransi dan radikalisme ,”tegasnya.

Ia menambahkan, kehadiran pecalang yang cukup banyak membuktikan dukungan rakyat Bali untuk pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Bahkan, pertemuan dengan pecalang diharapkan munculnya kekuatan Pam Swakarsa. “Saya berharap pecalang memiliki kemampuan luar biasa untuk mendukung aparat keamanan menjaga Pulau Bali. Ingat, Bali ini menyumbang 40 persen dari penghasil devisa di Indonesia sehingga kita tidak boleh membuat wisatawan merasa tidak nyaman atau khawatir datang ke Bali. Dari Bali kita guncangkan dunia,”ungkap alumnus Akpol tahun 1988 ini. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.