The news is by your side.

Sehari Denpasar Hasilkan 850 Ton Sampah, Baru 22 Persen yang Bisa Diolah

1

Oleh: Ari  |

Balicitizen.com, Denpasar – Sampah rumah tangga serta sampah di pasar serta di jalan di wilayah Denpasar dalam sehari mencapai 850 ton. Dari jumlah itu, baru 22 persen saja yang bisa diolah   menjadi komposting dan bank sampah.

Untuk memaksimalkan penanganan yang tepat, beragam stakeholder dan Perbekel/Lurah Se-Kota Denpasar turut dihadirkan dalam sebuah acara yang digelar Pemkot Denpasar kemarin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, I Ketut Wisada menjelaskan penanganan sampah di Kota Denpasar saat ini tidak lagi fokus pada teori, melainkan mencari data sehingga mampu menghasilkan solusi yang produktif. Menurutnya, rata-rata jumlah sampah di Kota Denpasar per hari mencapai 850 Ton.

Kendati demikian, sebanyak 22 persen telah dilaksanakan pengolahaan langsung di sumber sampah.

“Sudah dilaksanakan sebanyak 22 persen baik itu dari metode komposting dan 128 bank sampah yang ada di Kota Denpasar,” katanya.

Untuk memaksimalkan penanganan jangka panjang, diperlukan inovasi penanganan dari hulu atau sumber. Sehingga dengan demikian kata dia dapat mengurangi volume sampah menuju TPA. Selain itu, penerapan TPS3R juga akan terus dimaksimalkan dengan menguatkan partisipasi masyarakat sekitar.

“Diperlukan penanganan sampah terintegrasi dan berkelanjutan, sehingga volume sampah menuju TPA dapat dikurangi,” jelasnya.

Salah satu Narasumber dari PT. Xaviera Global Sinergi, Wildayanti mengatakan bahwa dalam penanganan sampah terpadu dan terintegrasi diperlukan komitmen besar semua pihak. Hal ini meliputi Stakeholder, pemegang kebijakan, dan masyarakat.

“Sampah harus diolah sehingga tidak ditumpuk begitu saja, hal ini merupakan solusi untuk mengatasi sampah, menciptakan energi baru terbarukan dan nilai tambah ekonomis,” jelasnya.

Pengolahan sampah dari sumber kuncinya adalah komitmen merubah lingkungan dan mindset masyarakat. Selain itu, diperlukan sebuah rangsangan untuk mengubah pengelolaan sampah dengan konsep kewirausahaan sosial.

Menurutnya, pengolahan dari sumber kuncinya adalah memulai dari Rumah Tangga, dengan demikian akan tercipta pola yang terintegrasi, seperti halnya membuat kompos, tidak hanya membuat,, melainkan penyediakan jalur distribusi yang mudah. Ari/Balicitizen

Berita Terkait
1 Comment
  1. sukiyaki says

    yuuukkk MABAR game dupa88,net guuys….
    seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga,
    banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa….
    mau kaya ya di dupa88,net ajaaa bukan yang lain..

Leave A Reply

Your email address will not be published.