The news is by your side.

Sekarang, Buka Lapak Dagang di Toko Daring Wajib Punya Izin Usaha

1

Oleh: Suandri Ansah   |

Balicitizen.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE). Lewat beleid ini, pemerinta mewajibkan pedagang daring wajib mengantongi izin.

“Pelaku Usaha wajib memiliki izin usaha dalam melakukan kegiatan usaha PMSE,” kutip pasal 15 ayat 1 peraturan itu, Rabu (4/12).

Sementara, ayat 2 pada pasal yang sama menerangkan bahwa penyelenggara sarana perantara dikecualikan dari kewajiban memiliki izin usaha sebagaimana dimaksud pada ayat satu jika memenuhi dua atau salah satu ketentuan ini.

Pertama, bukan merupakan pihak yang mendapatkan manfaat (beneftcialy) secara langsung dari transaksi. Kedua,tidak terlibat langsung dalam hubungan kontraktual para pihak yang melakukan PMSE.

“Dalam rangka memberikan kemudahan bagi Pelaku Usaha untuk memiliki izin usaha sebagaimana dimaksud, pengajuan izin usaha dilakukan melalui Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi ayat 3 pasal tersebut.

PMSE, menurut PP ini, dapat dilakukan oleh Pelaku Usaha, Konsumen, Pribadi, dan instansi penyelenggara negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang selanjutnya disebut para pihak.

Ditegaskan dalam PP ini, para pihak dalam PMSE harus memiliki, mencantumkan, atau menyampaikan identitas subyek hukum yang jelas. Sementara setiap PMSE yang bersifat lintas negara wajib memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur ekspor atau impor dan peraturan perundang-undangan di bidang informasi dan transaksi elektronik. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait
1 Comment
  1. jessi says

    Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Sport165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Sport165 titik co paling best ya guys…

Leave A Reply

Your email address will not be published.