The news is by your side.

Semalam 46 Ribu Pemudik Tinggalkan Bali

0

Oleh: Riki Z  |

Balicitizen.com, Denpasar – Jumlah pemudik mulai meningkat pada H-6 Hari Raya Idul Fitri pada Kamis (30/5) malam kemarin. Tercatat ada 46.967 oramg sudah tinggalkan Bali menuju bernagai provinsi di Pulau Jawa.

Pantauan malam kemarin, terlihat pemudik roda empat dengan tujuan Pulau Jawa mendominasi Pelabuhan Penyeberangan Ketapang – Gilimanuk.

Data berdasarkan manifes Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, sudah ada 46.967 pemudik tinggalkan Bali. Jumlah ini lebih besar dibandingkan dengan jumlah pemudik tahun lalu pada H-6 yang hanya 43.263 orang.

Rinciannya, untuk kendaraan roda dua yang sudah menyebrang ke Pulau Jawa tercatat 7.829 unit atau mengalami penurunan 5 persen dari tahun lalu sekitar 8.236 unit.

Sementara untuk roda empat naik 12 persen. Jumlah kendaraan yang menyeberang ke Pulau Jawa tercatat 6.504 unit dari tahun sebelumnya 5.800 unit.  Kepadatan penumpang dari Pulau Bali ini diprediksi meningkat hingga menjelang Lebaran.  ASDP Ketapang  memprediksi puncak arus mudik lebaran akan terjadi pada H-2 Lebaran.

“Kalau prediksi kami terjadi pada H-3 dan H-2 itu dari Gilimanuk. Kalau di ketapang terurai, diprediskis h+ akan terjadi di Ketapang,” ujar GM ASDP Ketapang, Fahmi Alweni.

Hingga saat ini, ASDP Ketapang masih mengoperasikan 32 armada kapal dari 56 armada yang ada di penyebrangan di Selat Bali ini. Percepatan dilakukan pada sistem bongkar muat di dua pelabuhan yang menghubungkan Jawa dan Bali. Hingga Jumat dini hari penyeberangan masih ramai lancar. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.