The news is by your side.

Seni Instalasi Ini untuk Ingatkan Tak Semena-mena ke Perempuan

0

Oleh: Rosid   |

Balicitizen.com, Denpasar – Sebanyak 17 seni instalasi karya dari mahasiswa Sekolah Tinggi Desain (STD) Bali dipamerkan di di Lapangan Lumintang, Denpasar, Bali, Minggu (23/6). Tema yang diambil dalam pameran tersebut adalah “Kebus” atau kesadaran.

Karya ini merupakan hasil tugas akhir dari mahasiswa dan mahasiswi jurusan desain komunikasi visual STD Bali. Dari sekian pameran, ada satu yang selalu menarik perhatian pengunjung.

Adalah sebuah karya instalasi yang di bagian depannya dibuat menyerupai alat kelamin wanita. Karya tersebut memiliki tema “Eling Mewali” atau mengingat kembali.

Putu Adi Satyawiguna (27), konseptor instalasi seni ini menjelaskan, alat kelamin ini bukan berarti ingin menunjukan kevulgaran. Menurutnya semua di dunia ini berawal dari rahim ibu dan akan berakhir ke ibu pertiwi.

“Ini juga maknanya, kita itu tidak boleh semena-mena juga terhadap ibu atau perempuan itu juga. Karena jika tidak ada Ibu dan perempuan tidak bisa lahir ke dunia ini,” kata dia, Minggu (23/6).

Pembuatan instalasi tersebut dikerjakan bersama enam anggota kelompok dan selama satu bulan. Untuk bahannya berasal dari triplek, kayu, kawat, koran-koran bekas dan juga ada dari bahan-bahan alami.

“Pembuatannya lebih kurang lebih satu bulan. Iya sekitar kurang lebih (Biyaya) antara Rp 4 juta sampai Rp 5 juta,” kata dia. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.