The news is by your side.

Skandal Asabri, Firli Bahuri Tunggu Temuan BPK

0

Oleh: Muhajir  |  

Balicitizen.com, Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, menyebut lembaga yang ia pimpin akan berkoordinasi dengan Badan Pemeriksaan Negara (BPK) untuk mengusut kasus PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri). Dugaan korupsi Rp10 triliun Asabri pertama kali diungkap Menkopulhukam, Mahfud MD.

“Terkait dengan temuan ataupun informasi terkait dengan asabri kami harus bekerjasama dengan BPK,” kata Firli di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/1).

Dia mengatakan, KPK terlebih dahulu harus meminta data dan informasi sebelum mengusut tuntas kasus tersebut. Dia menjelaskan, penyidikan tidak bisa dilakukan jika KPK tidak memiliki data yang lengkap.

“Kita harus dengarkan dulu bagaimana temuan dari BPK. Tentu kita tidak bisa melakukan suatu tindakan penyelidikan, penyidikan apabila tidak ada konfirmasi yang jelas dan tentu ini akan kita bahas dengan BPK,” ujar dia.

Terkait hal ini, Ketua MPR, Bambang Soesatyo alias Bamsoet, secara khusus meminta Firli dkk memberikan perhatian khusus terhadap kasus Asabri.

“Kami mendorong apa yang sedang terjadi di PT Asabri juga turut dipantau. Juga asuransi miliki negara lainnya dan lembaga pensiun lainnya juga harus dipantau KPK,” kata Bamsoet kepada Firli di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/1).

Politkus Partai Golkar itu juga meminta KPK menyelidiki ada tidaknya oknum Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bermain. Ini karena OJK mempunyai tanggung jawab sebagai pengawas dari perusahaan asuransi negara.

“Beberapa pelakunya menurut dugaan masyarakat kurang lebih sama. Sehingga perlu juga ditelisik oknum pengawas yang selama ini mengawasi, yakni OJK,” ujar dia. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.