The news is by your side.

Soal Natuna, Demokrat Sarankan Jokowi Temui SBY

1

Oleh: Muhajir  |

Balicitizen.com, Jakarta – Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, menilai sengketa Laut Natuna yang melibatkan Indonesia dengan Cina harus dikelola dengan tepat. Indonesia adalah negara G-20, bukan negara ‘abal-abal’ dengan penduduk ratusan ribu.

Maka itu, respons pemerintah juga harus ‘kelas dunia’. Kendati demikian, ia meminta agar masyarakat memberi dukungan dan kepercayaan kepada Presiden Jokowi menangani masalah tersebut.

“Karena ini soal kedaulatan kita bersama, tak ada salahnya juga Pak Jokowi diskusi dengan Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) yang punya pengalaman menangani kasus sejenis. Jika dipersoalan seperti ini rakyat saja dianjurkan bersatu apalagi antar Presiden. Soal urusan bangsa begini kita semua satu,” kata Jansen di Jakarta, Senin (6/1).

Menurut Jansen, jika pilihannya adalah diplomasi, setelah Jokowi selalu presiden, ‘diplomatic resources’ di dalam negeri yang paling bertenaga hari ini adalah SBY. Ketua Umum Demokrat itu, kata Jansen, bersahabat dengan Presiden Xi Jinping, Hu Jintao, dan Wen Jiabao.

“Sejak dulu akrab. Jika dibutuhkan bisa juga negara mengutus beliau,” kata dia.

Dia mengatakan, hubungan baik presiden di masa lalu adalah modal bangsa. Presiden Soekarno akrab dengan Kim II Sung sehinga Indonesia bersahabat dengan Korea Utara

Menurut dia, jika menyoal kedaulatan bangsa maka semua elemen harus bersatu. Jokowi selaku ‘commander in chief’ dan ‘diplomat in chief’ harus memimpin rakyat Indonesia dan memutuskan yang terbaik.

“Mantan Presiden itu ‘aset bangsanya’. Pertemanan Pak SBY dengan Xi Jinping, Putin, Erdogan dan lain-lain adalah juga milik bangsa ini. Jika dibutuhkan kapanpun bisa dipakai,” ujar Jansen. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait
1 Comment
  1. jessi says

    Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys…

Leave A Reply

Your email address will not be published.