The news is by your side.

Tak Berhenti Total, Ini Proyek yang Masih Bisa Dilanjutkan di Pelabuhan Benoa

0

Oleh: Ari  |

Balicitizen.com, Denpasar – Proyek pelebaran pelabuhan Benoa, Denpasar, sempat disetop oleh Gubernur Bali I Wayan Koster karena dianggap tak sesuai dengan rencana, terlebih sempat merusak habitat mangrove di lokasi. Namun demikian, tidak semua jenis proyek dihentikan, ada beberapa pengerjaan yang akan terus berlanjut.

Sebelumnya Kemenko Maritim juga sudah meminta maaf atas kondisi tersebut.

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, apa yang disampaikan Deputi Kemenko Maritim merupakan respon positif terhadap surat Gubernur Bali yang telah disampaikan pada 26 Agustus lalu.

“Saya sudah sepakat dengan poin-poin itu, karena sudah sesuai dengan spirit dan visi dari surat gubernur yang telah disampaikan,” kata Gubernur Bali.

Gubernur Koster menyebutkan, pembangunan di kawasan Pelabuhan Benoa tetap berlanjut, namun hanya untuk fasilitas yang mendukung fungsi utama pelabuhan, seperti terminal untuk BBM, terminal gas alam cair dan dukungan avtur untuk bandara.

“Di luar kepentingan itu, tidak ada bentuk pembangunan lain seperti hotel, restoran dan lain-lain. Sisa lahan yang tersedia, akan diperuntukkan menjadi kawasan terbuka hijau,” kata Gubernur Koster.

Koster menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak bermaksud menentang kebijakan Pemerintah Pusat, karena sama-sama melaksanakan fungsi pemerintahan. Namun demikian, setiap kebijakan pusat hendaknya selalu disinkronkan dan diharmonisasi dengan Pemerintah Daerah.

Sementara mengenai penghentian reklamasi di Pelabuhan Benoa, lanjut Gubernur yang juga jebolan ITB itu, telah menjadi materi yang disepakati bersama antara Pemerintah Pusat yang diwakili oleh Deputi Infrastruktur Menko Kemaritiman dan Pelindo III, dengan Gubernur Bali.

Kesepakatan itu merupakan respon Pemerintah Pusat terhadap surat Gubernur Bali yang ditujukan kepada Dirut PT Pelindo III berkenaan dengan reklamasi yang dilaksanakan di areal Dumping 1 dan Dumping 2 dalam rangka pengembangan Pelabuhan Benoa. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.