The news is by your side.

Tim Dokter Pastikan Bayi Kembar Siam Tak Bisa Dipisahkan

1

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Denpasar – Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah, Ketut Sudartana memastikan kembar siam asal Buleleng tak mungkin dipisahkan.

Bayi anak dari pasangan Kadek Redita (24) dan Putu Ayu Sumadi (18) yang dinamai Komang Dita Ariyani dan Kadek Lianasari ini sudah diperbolehkan pulang pada Kamis (17/10) lalu.

Kepastian tersebut setelah pihak RSUP Sanglah dan tim dari RSUD Dr Soetomo Surabaya berkonsultasi pada 9 Oktober. Saat itu, tim dokter dari Surabaya melalukan pemeriksaan jantung kedua bayi tersebut.

Hasilnya, ternyata jantung keduanya menyatu dan ada lubang besar yang tak mungkin bisa menutup.

“Itu permanen, karena lobangnya cukup besar. Jadi enggak bisa lubangnya akan tutup sendiri,” katanya di RSUP Sanglah, Rabu (23/10).

Sudartana menjelaskan, bayi dipulangkan juga untuk antisipasi agar tak terinfeksi bayi-bayi lain yang sedang dirawat. Juga, mempertimbangkan kedua irangtuanya yang sudah tiga bulan terakhir meninggalkam kampung halamannya.

Selanjutnya bayi hanya akan menjalani rawat inap. Jadi, jika ada permasalahan baru akan didatangi atau pihak keluarga membawa bayinya ke rumah sakit.

“Saat pulang kondisi jantungnya sehat. Dia tidak perlu bantuan oksigen dan sebagainya,” tuturnya.

Adapun berat badan bayi ini yakni 6,2 kilogram naik dua kali lipat saat pertama datang. Ari/Baliciitizen

Berita Terkait
1 Comment
  1. Marcella says

    DGUSER257425 bonus WELCOME CASHBACK 100% dari QQHARIAN , ayo kunjungi QQ harian banyak bonus menanti anda

Leave A Reply

Your email address will not be published.