The news is by your side.

Unhi Terus Lakukan Digitalisasi Lontar Kuno

0

Oleh: Riki Z   |

Balicitizen.com, Denpasar – Sejumlah inovasi terus dilakukan oleh Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Bali, Selasa (2/7). Inovasi yang kini terus digencarkan adalah adanya digitalisasi lontar-lontar tua, agar bisa diakses semua generasi terlebih bagi anak-anak muda Bali.

Rektor UNHI, Prof. Dr. drh, I Made Damriyasa, mengatakan saat ini ada tiga inovasi UNHI yang telah dibiayai oleh pemerintah pusat. Ia menambahkan, jika UNHI saat ini sudah berada pada tahap transformasi budaya, ilmu dan teknologi. Bukan tidak mungkin, ke depan akan ada lebih banyak lagi inovasi-inovasi yang dihasilkan dalam menjaga dan melestarikan kearifan lokal Bali.

“Mari kita bersama menguatkan daya saing ekonomi Bali. Manfaatkan revolusi 4.0 yang saat ini tengah kita hadapi. Contoh inovasi yang harus kita apresiasi adalah digitalisasi lontar, dengan demikian akan mempermudah masyarakat atau umat untuk belajar atau mengetahui lontar,” katanya dalam acara Gebyar Inovasi Universitas Hindu Indonesia (UNHI), Inovasi Kearifan Lokal Untuk Negeri, di Aula UNHI, Denpasar.

Menurutnya, UNHI siap untuk melakukan inovasi-inovasi dalam menjaga kearifan lokal. “Inovasi yang dihasilkan harus dilindungi. Setelah kegiatan ini saya berharap ada banyak inovator yang bisa bergabung dengan UNHI untuk menghasilkan inovasi-inovasi yang nantinya akan bermanfaat untuk daerah yang kita cintai ini,” jelasnya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.