The news is by your side.

Untuk Keamanan Bandara, Polda Bali Usul Bentuk Polres Ngurah Rai

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Badung – Kepolisian Daerah (Polda) Bali mengusulkan pembentukan Polres Bandara Ngurah Rai. Tujuannya yakni untuk meningkatkan pengamanan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Badung.

Hal utama yang menjadi alasan pembentukan Polres Bandara, yaitu Bandara Ngurah Rai merupakan pintu masuk penerbangan internasional terbesar di Indonesia, setara dengan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Polri di tingkat Polres menjadi garda terdepan dalam pengamanan orang dan barang yang keluar masuk Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Terkait hal tersebut, Study Kelayakan Srena Polri yang dipimpin Karo Lemtala Srena Polri, Brigjen Yasdan Rivai datang ke Bali meninjau rencana lokasi Polres dan Polsek Bandara Ngurah Rai, Selasa (17/9).

Selanjutnya tim dari Srena Polri melaksanakan rapat koordinasi dengan Ketua DPRD Kabupaten Badung, Irwasda Polda Bali, Kapolresta Denpasar, General Manager Angkasa Pura, Bea Cukai, Imigrasi, Camat Kuta, Kepala Desa Tuban serta Pejabat Utama Biro Rena Polda Bali dan Polresta Denpasar.

“Kedatangan kami ke Bali mengecek langsung lokasi lahan rencana pembangunan dan melakukan kajian studi kelayakan terbentuknya Polres Bandara Ngurah Rai nanti. Kami nanti akan meneruskan usulan dari Polda Bali ke MenPAN-RB. Nanti atas izin menteri lah baru bisa Polres Bandara Ngurah Rai dibentuk,“ jelas Brigjen dalam keterangan tertulis, Kamis (19/9).

Sementara Wakapolda Bali, Brigjen I Wayan Sunartha menjelaskan, banyaknya kunjungan wisatawan ke Bali menjadi menjadi tantangan Polda Bali sebagai penanggungjawab keamanan. Lemahnya pengamanan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan dimanfaatkan oleh pelaku transnational crime and organized crime dengan berpur-pura sebagai wisatawan.

“Pintu masuk Bandara Ngurah Rai harus dijaga dengan ketat. Pembentukan Polres Bandara Ngurah Rai tentu akan membawa dampak yang positif untuk keamanan wilayah bali dari para pelaku transnational crime and organized crime. Saya berharap kedatangan Tim Study Kelayakan Srena Polri dapat menyetujui terbentuknya Mako Polres dan Polsek di Bandara Ngurah Rai,“ ungkapnya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.