The news is by your side.

Waduh, Tahun Ini Empat Pulau Ini Terancam Tenggelam

1

Oleh: Rio AP  |

Balicitizen.com, Palembang – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumatera Selatan, menyebut ada empat pulau di wilayahnya yang terancam hilang atau tenggelam pada 2020. Direktur Eksekutif Walhi Sumatera Selatan, M Hairul Sobri, membenarkan hal itu.

Menurut dia, empat pulau di Sumateta Selatan yang terancam hilang itu lantaran secara keseluruhan setiap tahun air terus merendam pulau saat tengah pasang. “Seperti Pulau Burung, Pulau Salah, Pulau Kalong, Pulau Keramat terancam hilang tahun ini (2020),” ujar dia di Palembang, Selasa (14/1).

Ia menjelaskan, pada 2019 lalu tercatat dua pulau di wilayahnya telah hilang akibat naiknya permukaan air. “Nah, kalau tahun lalu (2019) terdapat dua pulau yang hilang. Kedua pulau itu adalah Pulau Betet yang memiliki ketinggian tanah atau elevasi -1 Mdpl dan Pulau Gundul -3 Mdpl,” tambah dia.

Dikatakan dia, terjadimya perubahan iklim dan kerusakan lingkungan di wilayah Sumatera Selatan mengakibatkan banyak bencana secara ekologis. Pihaknya mencatat kerusakan lingkungan itu terjadi pada semua wilayah dari hulu ke hili mulai dari banjir, banjir bandang, tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan, serta meningginya permukaan air laut atau sungai dalam 5 tahun terakhir.

“Di Sumatera Selatan saja, khususnya di wilayah perairan Banyuasin itu ada 23 pulau kecil yang terancam (pulau berpenduduk maupun tidak berpenduduk),” ungkap dia.

Ia pun menambahkan, faktanya secara global itu bisa terjadi karena dipengaruhi cairnya es di Kutun Utara yang menyebabkan bertambahnya air laut 3,3 milimeter (mm). Dia menilai, bahwa dua tahun terakhir pun perubahan iklim membuat peningkatan suhu 0,39 derajat dan rata-rata suhu udara di Sumatera Selatan mencapai 37 derajat.

“Ya, penggunaan fosil sebagai bahan bakar yang mengakibatkan itu bisa terjadi. Lalu, faktor lainnya seperti kebakaran hutan dan lahan yang meningkatkan emisi itu turut menurunkan permukaan rawa,” katanya.

“Bukan itu saja, kerusakan tanah karena penggunaan pupuk kimia yang menurunkan sedimen tanah dan rusaknya daerah aliran sungai (DAS),” kata dia lagi. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait
1 Comment
  1. asmiranda says

    yuuukkk MABAR game qqharian,info guuys….
    seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga,
    banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa….
    mau kaya ya di qqharian,info ajaaa bukan yang lain..

Leave A Reply

Your email address will not be published.