The news is by your side.

Warga Berhamburan Usai Gempa 7 SR , Peringatan Tsunami Dicabut Dini Hari Tadi

0

Oleh: Azhar Ap   |

Balicitizen.com, Jakarta –Gempa dengan magnitudo 7.0 mengguncang Ternate, Maluku Utara. Bahkan yang bikin geger warga adalah adanya potensi tsunami. Peringatan ini membuat warga berhamburan keluar rumah.

Peringatan Dini Tsunami yang disebabkan oleh gempa dengan magnitudo 7.0, pukul 22.08 WIB, dinyatakan telah berakhir.  Demikian pesan di website resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setelah merilis potensi tsunami di delapan wilayah akibat gempa di Ternate, Maluku Utara.

Peringatan dini tsunami sebelumnya disampaikan untuk wilayah Malut dan Sulawesi Utara (Sulut). Beberapa wilayah yang sempat berstatus siaga dan waspada tsunami adalah Kota Bitung,  Bolaang Mongondow, dan Minahasa (Sulut). Di Maluku mencakup Halmahera,  Ternate, dan Tidore.

Gempa dirasakan cukup kuat juga di Manado, Gorontalo, dan Bitung. Di Manado, warga di beberapa tempat sempat berhamburan keluar. “Sejumlah warga di Kota Manado, berhamburan ke luar rumah, akibat guncangan gempa yang cukup kuat,” kata Gerry, warga Manado, seperti dilansir Antara.

Warga Kota Bitung juga berlarian ke daerah yang lebih tinggi karena takut tsunami. “Peringatan tsunami dari BMKG akibat gempa di Ternate, membuat kami langsung lari mencari daerah yang lebih tinggi,” kata Freddy T, warga Girian Bitung, Senin dini hari (8/7).

Dia mengatakan pihaknya sangat takut karena lokasi Kelurahan Girian Bawah dekat dengan laut. “Semua warga berlarian menuju tempat yang tinggi, sambil membawa barang-barang penting,” katanya.

Di Gorontalo, puluhan pengunjung bioskop XXI Gorontalo juga berlarian keluar. Studio XXI berada di lantai tiga sehingga para penonton berlarian keluar untuk turun ke lantai bawah melalui tangga darurat.

“Tiba-tiba saya merasakan gempa dan bangunan bergoyang dan melihat penonton juga ikut berlarian,” ujar Asisten Supervisor XXI Gorontalo, Rahmat Febriansyah Putra. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.