The news is by your side.

Wiranto Ancam Tangkap Penggerak Demo Jika Rusuh di MK

0

Oleh: Mujahir   |

Balicitizen.com, Jakarta – Ancaman lebih awal dilontarkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto terkait rencana demo di depan Mahkamah Konstitusi (MK). Jika demo rusuh dia akan tangkap tokoh penggeraknya.

“Demonstrasi itu kan ada yang mengajak, ada yang mendorong, menghasut. Nanti kan kita tinggal tahu siapa tokoh yang bertanggung jawab itu. Tinggal kami cari tokohnya, kami tangkap saja karena menimbulkan kerusuhan,” kata dia di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (25/6).

Wiranto beralasan, kedua kandidat capres Pilpres 2019 tidak menganjurkan pendukungnya untuk menggelar aksi. Prabowo Subianto melalui Ketua DPP Partai Gerindra, Sodik Mujahid, berpesan agar para pendukungnya cukup mengawal hakim MK dengan doa.

“Oleh karena itu tidak ada alasan saat kita masuk suatu keputusan konstitusional, kemudian ada gerakan massa lagi. Untuk apa?” Ucap Wiranto.

Mantan Panglima ABRI itu mengakui tak ada larangan menyampaikan aspirasi di muka umum karena termasuk dalam hak warga negara. Namun, dia merujuk pernyataan Polri agar tidak ada gerakan massa di Gedung MK saat pembacaan hasil sidang sengketa Pilpres 2019.

Larangan tersebut bercermin pada peristiwa 21-22 Mei di depan Bawaslu. Saat itu, kegiatan demonstrasi berjalan damai, namun setelah peserta membubarkan diri muncul sekelompok massa yang memicu kericuhan.

“Kalau ada yang nekat, ada demonstrasi bahkan menimbulkan kerusuhan, saya tinggal cari saja,” ucapnya. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.