The news is by your side.

WTTC Catat Perjalanan Pariwisata Indonesia Tumbuh 7,8 Persen

0

Oleh: Riki Z   |

Balicitizen.com, Denpasar – World Travel & Tourism Council (WTTC) tahun ini mengeluarkan hasil penelitian mengenai perjalanan wisata di Indonesia dengan perbandingan negara di kawasan Asia Tenggara.

Hasilnya menunjukkan bahwa: Perjalanan dan Pariwisata di Indonesia tumbuh 7,8 persen pada 2018, atau dua kali lipat rata-rata global 3,9 persen.

“Ini memberikan kontribusi 6,0 persen terhadap PDB Indonesia, senilai Rp890.428 miliar (62,6 miliar dolar Amerika) ketika semua efek langsung, tidak langsung, dan terinduksi dipertimbangkan,” kata Ketut Ardana, selaku Ketua

Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) ke-6, dalam pertemuannya di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), yang berlangsung sejak 26 Juni hingga Jumat (28/6) hari ini.

Perjalanan dan pariwisata mendukung 10,3 persen dari semua lapangan kerja di Indonesia, atau 13 juta pekerjaan, kontribusi PDB diproyeksikan akan tumbuh sebesar 5,2 persen pada tahun 2019.

Satu dari tiga semua pekerjaan pariwisata di sepuluh negara yang membentuk Asia Tenggara, berlokasi di Indonesia. Ini menjadikan Indonesia ekonomi Perjalanan & Pariwisata terbesar ketiga di Asia Tenggara setelah Thailand dan Filipina.

“Ada peningkatan luar biasa dalam pengeluaran bisnis tahun lalu, yang sekarang menyumbang 30 persen dari pengeluaran pariwisata di Indonesia dibandingkan dengan 70 persen waktu luang,” bebernya.

Secara total, wisatawan internasional menghabiskan hampir IDR 221.000 miliar (15,5 miliar dolar Amerika) di Indonesia tahun lalu, terhitung 6,8 persen dari total ekspor.

Pasar internasional inbound terbesar adalah Singapura (15 persen), Malaysia (14 persen), China (13 persen), Australia (11 persen), dan Jepang (5 persen). Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.