BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

21 orang tewas di China karena cuaca buruk di Tramarathon

Di China utara, setidaknya 21 orang tewas dalam lomba lari 100 kilometer. Angin kencang, hujan es, dan embun beku mengatasi para peserta Ultramarathon di cagar alam berbatu dengan pegunungan dan lembah yang dalam. 172 orang berpartisipasi dalam perlombaan tersebut. Pihak berwenang mengatakan 151 di antaranya baik-baik saja.

Perlombaan dimulai pada Sabtu pagi di Jingtai di Hutan Batu Sungai Kuning. Peserta sering memulai dengan kaus oblong dan celana pendek. Langit mendung. Pada siang hari, tiba-tiba menjadi sedingin es disertai hujan di musim dingin.

Seorang korban selamat mengatakan, jalurnya termasuk jalur gunung berbatu yang sempit di mana para kontestan harus mengatasi perbedaan ketinggian 1.000 meter dalam 12 kilometer. Associated Press melaporkan bahwa di antara peserta ada atlet berpengalaman. Ultramarathon sering diadakan di area tersebut.

Perlombaan dihentikan pada pukul 13.00 waktu setempat. Sehari kemudian, jasad 21 pelari yang hilang ditemukan. Delapan peserta dirawat karena luka ringan.

Drone bertemu dengan kamera hittecamera

Pemerintah setempat telah memberangkatkan ratusan petugas penyelamat, beberapa di antaranya mengenakan pakaian musim dingin. Itu dilengkapi dengan, antara lain, drone yang dilengkapi dengan kamera termal, lampu sorot, dan peralatan pembongkaran. Pekerjaan mereka terhambat oleh longsor akibat cuaca buruk, dingin dan medan yang berat.

Bencana tersebut memicu kecaman tajam terhadap pemerintah setempat, termasuk di media sosial Tiongkok. “Mengapa mereka tidak melihat ramalan cuaca dan menyeimbangkan risikonya?” Tetapi menurut seorang atlet, cuaca yang sangat buruk tidak terduga. Sebelum pertandingan dimulai, dia merasa “tidak semuanya baik-baik saja”. Misalnya, itu bukan pemanasan setelah pemanasan 2 kilometer. Dia memang lepas landas, tapi dia berbalik pada waktunya. Kontestan lain, yang sudah lebih jauh, tidak seberuntung itu. Beberapa dari mereka jatuh ke dalam celah yang dalam.

READ  Putin meminjami Belarus $ 500 juta lagi

Pada sesi pers lanjutan, pejabat lokal membungkuk, menyesal, dan menyatakan bertanggung jawab. Situasinya sedang diselidiki.