BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

3e Majji International Art Residence di Belanda

Artis yang berpartisipasi dalam eks Eindhoven edisi 2021 adalah Giulia Theval (Italia), Joit Rose (Bangladesh), Non-Native (Belanda), Moch Hazrul (Indonesia), Pierre Albio (Italia), Sox Hoyd (Jamaika/Inggris), Sangha (Bangladesh). , Yu Jong (Belanda / Cina), Jihan Karim (Bangladesh)

Edisi ketiga Kediaman Seni Internasional Mahji disajikan pada bulan Oktober di Stindjeskerk yang bersejarah di Eindhoven, Belanda. Inisiatif yang mempertemukan sepuluh seniman dari Eropa, Asia Selatan, dan Asia Tenggara untuk program residensi selama dua minggu mulai 10 Oktober 2021, memuncak dalam pameran yang diluncurkan pada 21 Oktober 2021.

Mahji International Art Residence adalah proyek asrama tahunan yang diluncurkan oleh Darjeeling Bangladesh Foundation (DBF) dengan tujuan mendukung dan mempromosikan seni dan penelitian Asia Selatan. Selatan global adalah konteks internasional yang penting dan menghubungkan praktik seni antara Timur dan Barat.


Baca juga: Kompetisi foto dan video Bangladesh-Belanda diluncurkan


Kokasha Saba, seorang pengamat dan peneliti independen dari Bangladesh, menyebut kediaman dan pameran yang menyertainya sebagai tanah, air, dan perbatasan dan membahas pengalaman pribadi dan kolektif tanah, perbatasan, politik, budaya, tradisi, alam, dan teknologi, Jembatan Sepuluh Dokter. Suara dari Bangladesh, Indonesia, Inggris, Belanda dan Italia.

Edisi ketiga Eindhoven pada tahun 2021 berlangsung dalam konteks pengucilan sosial dan perjalanan internasional terbatas, terutama untuk seniman dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, dan menekankan perlunya konektivitas dan kolaborasi, menurut DPF. Budidaya meskipun tantangan epidemi.

Proyek ini bertepatan dengan peringatan 50 tahun kemerdekaan Bangladesh dan peringatan 50 tahun persahabatan antara Bangladesh dan Belanda. Hal ini muncul setelah proyek lebih lanjut yang diprakarsai oleh DPF di Belanda, termasuk bekerja sama dengan Rijkaskademi untuk mendukung program residensi jangka panjang bagi seniman dari Asia Selatan.

READ  Pangeran Jaime: Umat manusia bisa menang seperti atlet Hassan

Artis yang berpartisipasi dalam eks Eindhoven edisi 2021 adalah Giulia Theval (Italia), Joit Rose (Bangladesh), Non-Native (Belanda), Moch Hazrul (Indonesia), Pierre Albio (Italia), Sox Hoyd (Jamaika/Inggris), Sangha (Bangladesh). , Yu Jong (Belanda/Cina), Jihan Karim (Bangladesh).

Diluncurkan oleh proyek ini, Tarjoy Bangladesh Foundation (DPF) adalah yayasan swasta yang didirikan pada 2018 oleh pelindung seni dan pelopor Durjoy Rahman untuk mendukung dan mempromosikan pengembangan dan praktik seni di Asia Selatan dan sekitarnya. Ini mendukung seniman dalam menciptakan karya seni baru dan termasuk praktisi seni di pameran besar, publikasi dan tempat tinggal, sering kali dalam hubungannya dengan organisasi budaya internasional besar.

Edisi pertama (2019) dan kedua (2020) dari yang pertama berlangsung di Venesia, Italia dan Berlin, Jerman, masing-masing.