BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘Adaptasi tepat waktu dapat lebih mengurangi dampak kenaikan permukaan laut’

Dengan mempertimbangkan kenaikan permukaan laut sekarang, jutaan orang dapat diselamatkan di masa depan. Para peneliti di Universitas Telders dan Utrecht menunjukkan hal ini, antara lain, dalam berbagai situasi dengan dan tanpa upaya global untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Dengan menggunakan apa yang disebut pendekatan situasional-netral, mereka menentukan kapan, di mana, dan seberapa cepat wilayah pesisir harus diubah pada tahun 2150. Hasilnya baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Climate Risk Management.

Perbedaan antara adegan pasti akan meningkat setelah 2080, tulis para peneliti, termasuk Marjoliz Hasnut dan Kundula Winter of Telders. Secara global, dengan naiknya permukaan air laut rata-rata 75 sentimeter, jumlah orang yang berisiko banjir meningkat dua kali lipat setiap 100 tahun.

Jika sedikit atau tidak ada yang dilakukan untuk mengurangi emisi, itu sudah bisa dilakukan pada tahun 2080. Jika berhasil mengurangi emisi secara signifikan, masih ada waktu hingga 2150 untuk bertindak.

Belanda
Tingkat peningkatan risiko sangat bervariasi dari satu negara ke negara lain. Di beberapa negara, 1 juta hingga 5 juta orang berisiko terkena banjir parah dalam dua atau tiga dekade mendatang, misalnya di China, Vietnam, Mesir, dan Indonesia.

Negara-negara lain telah diberi lebih banyak waktu untuk beradaptasi, tetapi risiko di sana berkembang pesat, misalnya di Belanda, Thailand, dan Myanmar. Tanpa tindakan tambahan, risiko meningkat terutama di Asia Timur dan Selatan, tetapi juga di Eropa dan Afrika.

Bangunan
Para peneliti percaya bahwa intervensi tidak dapat dihindari jika kita ingin menghindari risiko. Hal ini dapat dilakukan dengan melindungi daerah berisiko atau mencegah kerusakan akibat banjir, mengendalikan bangunan di daerah berisiko tinggi, atau dengan merelokasi secara lokal.

Membatasi konstruksi di daerah pesisir dataran rendah dapat mengurangi risiko banjir sebesar 13 persen setiap 100 tahun sekali selama beberapa dekade di semua kondisi iklim di seluruh dunia. Saat permukaan laut naik dengan cepat, penyesuaian cepat atau skala besar diperlukan.

Para peneliti berpendapat untuk mendukung mengatasi adaptasi jangka panjang yang sekarang dibutuhkan, bersama dengan perkembangan dan investasi lainnya. Jika kita tidak melakukan ini, konsekuensinya akan parah dan, secara finansial, mereka memperingatkan.

READ  Ribuan sungai bertanggung jawab atas hampir 80 persen polusi plastik di lautan

Info lebih lanjut
Artikel dalam Manajemen Risiko Iklim
Penghapus Materi Berita
H.2O News: Sebagian besar negara Eropa sedang bersiap untuk kenaikan permukaan laut
H.2O-News: Sveko: Miliaran dolar diinvestasikan lagi pada sekop karena kenaikan permukaan laut
H.2Artikel-O: Marjolijn Haasnoot tentang kenaikan permukaan laut: ‘Panik tidak menghasilkan apa-apa’
H.2O-News: Empat opsi untuk menghadapi kenaikan permukaan laut yang besar