BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Afrika Selatan menginginkan kursi untuk Uni Afrika di G20

Afrika Selatan menginginkan kursi untuk Uni Afrika di G20


Foto: ANP

Uni Afrika harus memiliki kursi di G-20. Dan Afrika Selatan mempertahankannya sehari sebelum KTT G20 di Bali, tempat para pemimpin ekonomi terbesar dunia bertemu. Seorang juru bicara Presiden Cyril Ramaphosa mengatakan Afrika Selatan ingin membantu merumuskan kerangka kerja bagi Uni Afrika untuk menjadi anggota resmi klub negara-negara kaya.

“Penting bahwa suara kolektif benua terwakili di platform itu,” kata juru bicara itu. Besar harapan kami agar proposal ini dapat diterima dengan baik dan disetujui oleh negara-negara anggota G20.” Afrika Selatan saat ini merupakan satu-satunya anggota Afrika dari G20.

Presiden Senegal Macky Sall, yang memimpin Uni Afrika, sebelumnya telah menyerukan peninjauan kembali terhadap pemerintahan internasional. Dia menyerukan perwakilan Afrika yang lebih besar di badan-badan seperti Dewan Keamanan PBB dan Kelompok Dua Puluh. Pada bulan Oktober, Sall mengatakan pluralisme harus “melayani kepentingan semua” atau “kehilangan legitimasi dan otoritasnya”.

Sall dan Ramaphosa menghadiri KTT Pemimpin G20 di Bali, Indonesia.

READ  Saskia tinggal dan bekerja di Bali: 'Sebenarnya itu tidak ada dalam daftar keinginan saya' | sebuah pekerjaan