BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Anda tidak dapat mengabaikan Rusia seperti yang dilakukan dunia terhadap Korea Utara”

“Anda tidak dapat mengabaikan Rusia seperti yang dilakukan dunia terhadap Korea Utara”

internasional23 Juli 23 15:13pengarang: Jasper Dame

Tampaknya akhir perang di Ukraina tidak mungkin untuk saat ini, tetapi cepat atau lambat itu akan datang. Apa yang harus terjadi pada Rusia dalam situasi ini? Ini adalah pertanyaan yang mengkhawatirkan Arend Jan Boekestijn dan analis pertahanan Peter Wijninga dari Pusat Kajian Strategis Den Haag di Boekestijn & De Wijk.

Boekestijn membandingkannya dengan Jerman setelah Perang Dunia I. Pada tahun 1918, Wilson menawarkan Jerman jalan keluar dari perang tanpa reparasi. Ini adalah pilihan terbaik bagi Jerman, yang sedang berjuang melawan penurunan moral pasukan dan keterlibatan Amerika dalam perang. Syaratnya adalah Kaiser Jerman harus pergi.

“Tapi masalah dengan perbandingan sejarah adalah bahwa mereka selalu gagal,” lanjut Boekstein. Perbedaan antara tahun 1918 dan 2023 adalah Jerman memiliki partai politik yang aktif, dan tidak ada partai politik yang nyata di Rusia, hanya partai yang mendukung Putin atau sedikit mendukungnya. Apalagi Putin adalah pemimpin yang kuat, sedangkan Tsar adalah pemimpin yang sangat lemah.

pesta Nazi

Wijninga sependapat dengan analisis Boekestijn. Hampir semua orang Jerman selamat, sebagian Jerman diduduki oleh Sekutu, dan reparasi serta tindakan hukuman lainnya harus diberlakukan. Ini meletakkan dasar bagi kebangkitan Partai Nazi dan semua kesengsaraan yang diakibatkannya. Ini harus dihindari di Rusia.

Baca juga | Rusia tidak menjadi lebih kuat, tetapi berperang dengan lebih bijak.

Menurut Wijinga, kepergian Putin, dengan cara apa pun, adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri perang. Tapi ini harus dilakukan oleh rakyat Rusia sendiri. Jika Anda mencoba merangsangnya dari luar, saya pikir Anda akan mencapai sebaliknya.

READ  Komunikasi di Gaza telah terputus selama tiga hari, dan Netanyahu mengisyaratkan adanya negosiasi baru Perang Israel-Hamas
Boekestijn membandingkannya dengan Jerman setelah Perang Dunia I. Pada tahun 1918, Wilson menawarkan Jerman jalan keluar dari perang tanpa reparasi. Ini adalah pilihan terbaik bagi Jerman, yang sedang berjuang melawan penurunan moral pasukan dan keterlibatan Amerika dalam perang. Syaratnya adalah Kaiser Jerman harus pergi. (ANP/AFP)

Sentimen anti-Barat

Boykstein percaya bahwa sentimen anti-Barat di Rusia adalah akar dari semua ini. Perasaan ini sudah luar biasa, tetapi hanya akan bertambah buruk. Sebagai imbalannya, Anda mungkin mendapatkan seorang nasionalis garis keras. Jadi jika Putin akan melakukan pemakzulan, rakyat harus melakukannya.

Wijninga meragukan Rusia bisa terus eksis sebagai semacam Korea Utara yang besar setelah itu. Anda tidak dapat mengabaikan Rusia seperti yang dilakukan dunia terhadap Korea Utara. Tetapi sesuatu perlu diubah di Rusia, dan saya pikir dukungan China diperlukan untuk ini. Anda harus menciptakan situasi dengan China, Eropa, dan Amerika Serikat di mana ada hidup berdampingan secara damai.

Ikuti perkembangan terbaru tentang perang di Ukraina di blog langsung kami