BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Antisipasi terjadinya gerhana matahari semakin meningkat seiring perpindahan peristiwa tersebut ke New England

Antisipasi terjadinya gerhana matahari semakin meningkat seiring perpindahan peristiwa tersebut ke New England

Setelah berbulan-bulan diantisipasi, gerhana matahari bersejarah akan melanda Amerika Serikat menuju New England pada hari Senin, membuat sebagian besar negara itu berada dalam kegelapan sore yang menakutkan dan menyatukan jutaan orang dalam rasa kagum dan takjub.

Bayangan bulan akan berpindah dari Texas ke New England sepanjang jalur totalnya, tempat banyak orang berkumpul untuk menyaksikan peristiwa langit tersebut. Di New England, jalur senja ini melintasi bagian utara Vermont dan New Hampshire, serta sebagian besar Maine, sehingga menarik sejumlah besar wisatawan ke komunitas di sepanjang perjalanan.

Di Burlington, Vermont, tempat terjadinya gerhana total, peristiwa akan dimulai pada pukul 14:14, dan gerhana total akan berlangsung sekitar tiga menit, dimulai pada pukul 15:26, menurut laporan surat kabar Inggris “Daily Mail” . Penjelajah Eclipse NASA. Gerhana total juga akan berlangsung sekitar tiga menit di tempat-tempat seperti Colebrook, New Hampshire, dan Holton, Maine.

Terakhir kali jalur gerhana matahari total melintasi Amerika Serikat adalah pada tahun 2017; Dekade berikutnya hanya akan terjadi dalam dua dekade ke depan, Menurut NASA. Di Boston, gerhana sebagian akan dimulai pada pukul 14:16 dan mencapai puncaknya pada pukul 15:29.

Di seluruh wilayah, pesta jaga sedang direncanakan Resor ski di kota-kota dan kemudian a Pesta dansa di tepi Danau Champlain.

Dan di Caribou, Maine, komunitas yang berjumlah sekitar 7.400 orang akan membuka “Star Park” resminya di pusat rekreasi dan kesehatannya sebelum kota itu tenggelam dalam kegelapan, menurut halaman Facebook kota tersebut. Di Pusat Penemuan McAuliffe-Shepard di New Hampshire di Concord, yang akan menyaksikan gerhana sebagian, pusat tersebut akan mengadakan pesta menonton mulai siang hari.

Pengunjung melihat melalui kacamata gerhana berukuran besar yang ditempatkan di alun-alun kota di Houlton, Maine, pada hari Minggu.Joe Raedle/Getty

Gerhana matahari total juga akan disiarkan langsung di situs Globe pada hari Senin dan melalui Aplikasi bola dunia. Itu juga dapat dilihat menggunakan aplikasi NASA.

READ  Tonton SpaceX meluncurkan 53 satelit Starlink baru hari ini

Saat matahari sepenuhnya tertutup oleh bulan, siang hari berubah menjadi gelap, dan matahari terbenam tampak “360 derajat”. Udara menjadi lebih dingin dan angin berubah. Ada pemandangan matahari terbakar di langit.

Untungnya, cuaca kelabu suram di New England pada musim semi ini akan berubah menjadi langit biru pada hari Senin. New England akan memiliki “cuaca terbaik untuk melihat gerhana” dengan “banyak sinar matahari,” kata ahli meteorologi Boston Globe, Ken Mahan.

“Suhu akan naik hingga 50 derajat Celsius di pesisir, dan turun hingga 60 derajat Celsius di daratan,” kata Mahan, Senin. “Beberapa awan tingkat tinggi diperkirakan akan bergerak dari barat sore ini, tetapi tidak akan mempengaruhi jarak pandang. Lagi pula, mereka mungkin tidak akan tiba tepat waktu!”

Gerhana matahari total terjadi akibat suatu kebetulan kosmik. Menurut NASA. Meskipun Matahari sekitar 400 kali lebih besar dari Bulan, jaraknya juga sekitar 400 kali lebih jauh, sehingga ukurannya hampir sama di langit kita.

Materi dari Associated Press digunakan dalam laporan ini.


John Hilliard dapat dihubungi di [email protected].