BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apa itu Ngai?  |  Diborgol – Indonesia lagi

Apa itu Ngai? | Diborgol – Indonesia lagi

Amy (30) berbicara emosional tentang neneknya di 'Captivate – Back to Indonesia' episode 2; Seorang nyai di bekas Hindia Belanda. Perkataan Emmi memperjelas betapa rumit dan menyakitkannya keadaan Ngai. Amy menyebutnya 'rasa sakit yang tertumpah darimu ke ibu', tapi apa sebenarnya Ngai itu? Mengapa keberadaan orang suci menjadi bagian sejarah yang menyakitkan?

Apa itu 'Ngai'?

Di era kolonial bekas Hindia Belanda, Ngai memegang peranan penting, namun posisinya rumit dan kurang dihargai. Ngai adalah perempuan yang bekerja sebagai selir atau pembantu rumah tangga bagi laki-laki Eropa, biasanya penjajah Belanda. Dia dianggap semacam rekanan, tetapi tidak memiliki pengakuan atau hak formal. Hubungannya dengan pria itu didasarkan pada ketidaksetaraan dan ketergantungan.

Seorang Ngai mempunyai peran yang beragam dalam keluarga. Dia bertanggung jawab memenuhi kebutuhan seksual pria, serta melakukan tugas rumah tangga seperti memasak, membersihkan, dan mengasuh anak.

Penghinaan

Kehidupan sebagai pendeta sangatlah sulit dan memalukan. Dia mempunyai sedikit kendali atas kehidupannya sendiri dan sering menghadapi diskriminasi dan stigma. Selain itu, para njai juga sering kali terpaksa menyerahkan anak-anaknya, baik dari hubungan dengan laki-laki Eropa, ke panti asuhan atau lembaga pengasuhan lainnya. Laki-laki Eropa hampir tidak pernah menikah dengan Nyais. Hal ini tidak diterima di masyarakat mereka. Jika mereka benar-benar menikah – seperti kakek-nenek Emme – itu adalah saat mereka pensiun. Menikah lebih awal berarti akhir hidup mereka.

Keturunan orang bijak

Bagi keturunan orang bijak, warisan nenek moyang merupakan suatu perkara pelik. Mereka menghadapi warisan kolonialisme, rasisme, dan kesenjangan sosial. Banyak keturunan yang kesulitan mendefinisikan identitas budaya mereka karena mereka tidak merasa sepenuhnya Belanda, namun tidak sepenuhnya Indonesia. Banyak perempuan merasa sulit untuk merasakan bahwa pendahulu mereka berada dalam hubungan yang memaksa.

READ  Meek Paman: Dutch Joan Arc di Indonesia.

Berbagi kisah Gnois dan keturunan mereka membantu kita lebih memahami sejarah bersama dan berupaya menuju masyarakat yang berpusat pada kesetaraan, rasa hormat, dan inklusi. Semakin banyak upaya untuk mengidentifikasi dan berbagi kisah Ngai dan keturunannya. Organisasi seperti Indian Memorial Center berupaya melestarikan sejarah ini dan menyediakan platform bagi keturunannya untuk menceritakan kisah mereka.

Tonton 'Memikat – Kembali ke Indonesia'

Temukan lebih banyak lagi!

Tonton 'Memikat – Kembali ke Indonesia'

Dalam 'Captivated – Back to Indonesia', pembawa acara Dwight van van de Wijver menemani tiga pemuda keturunan India dan Maluku kembali ke negeri nenek moyang. Ketiganya memiliki pertanyaan yang sama: “Seperti apa kehidupan nenek moyang saya, dan apa pengaruhnya terhadap kehidupan saya saat ini?”