BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apa yang perlu diketahui tentang polio: Vaksin, gejala, dan cara penyebarannya

Bahkan setelah seseorang sembuh dari polio, mereka dapat mengalami nyeri otot, kelemahan, atau kelumpuhan setelah 15 hingga 40 tahun. Anak-anak yang sembuh dari polio dapat mengembangkan sindrom pasca-polio sebagai orang dewasa, dengan kelemahan otot, kelelahan, dan nyeri sendi beberapa dekade setelah infeksi awal. itu adalah Tidak jelas kenapa Hanya beberapa orang yang mengalami sindrom pasca polio, tetapi mereka yang pernah mengalami kasus polio yang parah mungkin berisiko lebih tinggi.

Polio sangat menular. Ini menyebar dari orang ke orang – biasanya, ketika seseorang bersentuhan dengan tinja orang yang terinfeksi dan kemudian menyentuh mulut mereka. Ini sangat mengkhawatirkan bagi anak-anak balita, yang, kata Dr. Esper, mungkin kesulitan dengan kebersihan tangan. “Setiap orang dewasa yang memiliki anak tahu bagaimana kuman menyebar,” katanya. Lebih jarang, polio dapat menyebar ketika tetesan dari orang yang terinfeksi bersin atau batuk masuk ke mulut orang yang terinfeksi.

Dan, seperti halnya Covid-19, ada kemungkinan virus menyebar bahkan jika Anda tidak memiliki gejala.

Vaksin polio oral, yang membantu Amerika Serikat memberantas polio dan tidak lagi diberikan di negara itu, mengandung virus polio hidup yang dilemahkan. Ini aman dan efektif, tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, virus dapat bermutasi menjadi apa yang disebut “polio turunan vaksin”. Dalam kasus ini, jika virus vaksin menyebar di komunitas, dapat menyebabkan penyakit pada orang yang tidak divaksinasi, kata Dr. Paul Offit, ahli vaksin di Rumah Sakit Anak Philadelphia. Pejabat kesehatan New York telah mengkonfirmasi bahwa orang di Rockland County terpapar dengan seseorang yang menerima vaksin polio oral, yang telah bermutasi menjadi bentuk virus yang patogen. Vaksin polio oral belum diberikan di Amerika Serikat sejak tahun 2000. Saat ini, vaksin polio di Amerika Serikat adalah suntikan yang sangat efektif, yang tidak mengandung virus hidup, tidak seperti vaksin oral.

READ  Penjelajah China mengeksplorasi apa yang tampak seperti benda berbentuk kubus di bulan

Ada banyak negara yang masih menggunakan vaksin oral. “Kami selalu dalam bahaya memasukkan jenis turunan vaksin itu ke negara ini,” kata Dr. Offit.

Vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah polio, dan vaksin yang sangat efektif adalah bagian dari jadwal imunisasi anak reguler di Amerika Serikat.

“Ini adalah kabar baik tentang hidup di zaman vaksin,” kata Dr. Offit, yang tumbuh pada 1950-an dan ingat ibunya melarangnya berenang di kolam renang umum karena takut tertular virus. “Kamu hanya perlu divaksinasi.”