BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apakah euro sebagai mata uang kripto merupakan metode pembayaran yang nyaman, dan apakah itu akan berhasil?

Mungkin tidak mengejutkan bagi Anda bahwa banyak bank takut dengan cryptocurrency. Tidak mengherankan, karena cryptocurrency tidak dikelola oleh bank. Ini berarti bahwa mereka akan kehilangan pekerjaan ketika semua orang beralih menggunakan cryptocurrency.

Begitu banyak bank juga mencari solusi untuk masalah ini. begitulah Bank Sentral Eropa (ECB) sudah menyelidiki cryptocurrency dalam bentuk stablecoin.

Namun, patut dipertanyakan apakah euro sangat berguna sebagai cryptocurrency. Pertanyaan yang lebih besar adalah apakah ini akan berhasil. Ada banyak orang yang beralih ke kripto karena ingin menggunakan mata uang yang tidak berada di bawah kendali otoritas pusat.

Pada artikel ini saya akan memberi tahu Anda mengapa cryptocurrency menjadi semakin populer, dan apakah euro dapat berfungsi sebagai cryptocurrency.

Lihat sekilas

Munculnya cryptocurrency

Bukan tahun 2009, tapi di tahun 90-an orang sudah memikirkan mata uang digital. Idenya adalah untuk menciptakan mata uang yang tidak berada di bawah kendali dan pengaruh lembaga pusat (seperti bank atau pemerintah).

Namun, saat itu teknologi belum siap untuk pengembangan mata uang tersebut. Bertahun-tahun kemudian, pada tanggal 31 Oktober 2008, milis crypto menerima email dari Satoshi Nakamoto.. Dia berbicara tentang mengembangkan mata uang digital peer-to-peer miliknya sendiri. Dalam email ini, ia juga menyertakan dokumen teknis Bitcoin (BTC) pertama.

Setelah berbulan-bulan desain dan pengembangan, blockchain Bitcoin pertama kali muncul pada tanggal 3 Januari 2009. Pada hari ini, blok pertama, yang disebut blok Genesis, ditempatkan di mesin. Sejak itu, blok baru telah ditambahkan ke blockchain setiap 10 menit.

Mungkin bukan kebetulan bahwa Bitcoin berasal dari krisis kredit global. Orang-orang kehilangan kepercayaan pada bank-bank besar, yang juga menyebabkan kepercayaan pada sistem keuangan publik jatuh ke nol.

Mengapa cryptocurrency menjadi lebih populer?

Sebelum kita dapat menentukan apakah mata uang kripto-euro khusus akan berfungsi, penting untuk mengetahui mengapa mata uang kripto sangat populer, dan apakah kita juga dapat menemukannya dalam mata uang kripto.

Itu tidak dikelola oleh otoritas pusat

Cryptocurrency berjalan di blockchain. Blockchain semacam itu terdiri dari jaringan (kebanyakan) ribuan perangkat yang terhubung satu sama lain. Dalam blockchain yang menggunakan Proof of Work (ini adalah algoritma konsensus yang digunakan Bitcoin), mesin harus memvalidasi semua transaksi yang terjadi secepat mungkin.

Oleh karena itu, tidak ada otoritas tunggal yang mengontrol, mengatur, dan mempengaruhi segalanya. Dengan cara ini, tidak hanya koin baru yang dapat dibuat. Berapa banyak koin yang akhirnya akan ditentukan sudah ditentukan dalam kode blockchain.

Jika ada kelompok yang tetap ingin menerapkan perubahan, seluruh jaringan dapat memutuskannya. Ini berarti bahwa pemungutan suara diadakan di antara semua peserta, yang dengannya pilihan dibuat dengan cara yang demokratis.

Volatilitas dapat menghasilkan keuntungan besar

Karena volatilitas harga cryptocurrency yang tinggi, seseorang bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi. Seringkali tidak mungkin menghasilkan keuntungan yang sama dengan, misalnya, saham.

READ  Brexit akan berubah menjadi bencana ekonomi bagi Inggris

Internet penuh dengan cerita tentang orang-orang yang menjadi sangat kaya dengan berdagang cryptocurrency. Akibatnya, orang lain juga menjadi tertarik, ingin mencoba mencapai hal yang sama. Ini juga memastikan semakin banyak orang yang membeli cryptocurrency, sehingga nilai dan popularitasnya akan terus meningkat.

Biaya transaksi rendah dan pemrosesan transaksi cepat

Anda sering membayar biaya transaksi yang rendah untuk melakukan transaksi. Transaksi juga dapat diproses dengan sangat cepat. Tentu saja, ini tidak berlaku untuk setiap blockchain. Misalnya, dengan Bitcoin, dibutuhkan 10 menit untuk memproses transaksi, dan terkadang Anda membayar biaya transaksi ratusan dolar ke jaringan Ethereum.

Namun, semakin banyak blockchain yang dapat memproses transaksi dalam hitungan detik hampir secara gratis. Dibandingkan dengan kecepatan perbankan luar negeri, waktu transaksi Bitcoin masih relatif cepat.

Mengapa uang kertas menjadi jika euro tidak lagi berfungsi?

Jadi cryptocurrency menjadi semakin populer, terutama karena alasan berikut:

  • Cryptocurrency tidak dikendalikan oleh otoritas pusat, tetapi oleh jaringan
  • Volatilitas harga dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi
  • Biaya transaksi rendah dibebankan
  • Transaksi diproses dengan cepat

Seperti yang Anda bayangkan, ini semua adalah karakteristik yang tidak kami temukan dengan uang kertas seperti euro. Misalnya, euro dikelola oleh Bank Sentral Eropa (ECB). Mereka menentukan jumlah euro yang beredar Dan ketika euro baru dicetak.

Hal ini dapat menyebabkan inflasi. Karena mereka juga menentukan seberapa tinggi tingkat bunga, ini memastikan bahwa nilai Euro semakin rendah. Apalagi jika Anda meninggalkan uang itu di rekening tabungan.

Warga Eropa tidak bisa berkata apa-apa tentang ini. Mereka bahkan tidak bisa memikirkan siapa yang harus bertanggung jawab atas ECB. Bahkan, Anda mungkin bahkan tidak tahu siapa yang bertanggung jawab atas Bank Sentral Eropa.

Penggunaan uang kertas

Keuntungan terbesar dari Euro adalah kita dapat membayar di hampir setiap negara di Eropa dengan mata uang yang sama. Ini akan berbeda ketika kita pergi ke negara di luar Eropa. Kami kemudian pertama-tama harus menukar uang kami, yang untuk itu kami harus membayar biaya transaksi. Ini berlaku untuk pertukaran fisik dan internet.

Kami semakin membeli produk di luar negeri. Misalkan sebuah perusahaan Belanda ingin memasok produk ke pelanggan di Indonesia. Perusahaan ini harus terlebih dahulu mendaftar di Indonesia, setelah itu hanya dapat membuka rekening bank di negara tersebut. Mereka pertama-tama harus mengubah uang yang mereka terima (rupee) menjadi euro.

Ini sangat mahal dan bisa memakan banyak waktu. Anda mungkin juga telah mentransfer uang ke luar negeri sendiri. Kemudian mungkin diperlukan beberapa hari bagi penerima untuk menerima dana tersebut. Selain itu, Anda sering membayar puluhan euro untuk biaya transaksi. Ini karena transaksi harus diproses oleh otoritas yang berbeda.

READ  Dengan uang dan ilmu dari Belanda, Mia mendirikan bisnis yang berkembang pesat di Myanmar, hingga kudeta militer mengakhiri mimpinya.

Jadi uang fiat berguna ketika Anda membelanjakan atau menerimanya di negara yang menggunakan mata uang yang sama. Namun, begitu Anda ingin menggunakan mata uang Anda di negara yang menggunakan mata uang lain, segalanya menjadi lebih rumit. Ini aneh, terutama di dunia yang semakin kecil.

Pengembangan Cryptocurrency oleh Bank Sentral Eropa (ECB)

Untuk beberapa waktu sekarang, Bank Sentral Eropa telah Menginvestigasi Apakah cryptocurrency pribadi akan berfungsi. Ini tidak akan menjadi cryptocurrency seperti Bitcoin, tetapi lebih seperti USDT atau USDC misalnya. Ini akan menjadi stablecoin, yang dalam hal ini juga kami sebut CBDC (Central Bank Digital Currency).

Tampaknya Bank Sentral Eropa melakukannya terutama setelah Facebook mengindikasikan bahwa mereka sedang mengembangkan Libra.

Selain menjadi stablecoin, ada beberapa fitur lain yang membuat koin ini berbeda dari cryptocurrency lainnya. Misalnya, mata uang ini akan sepenuhnya dikelola oleh Bank Sentral Eropa. Ini berarti bahwa mereka dapat mengontrol siapa dan di mana uang itu dibelanjakan setiap saat. Mereka ingin melakukan ini untuk mencegah pencucian uang.

ECB juga ingin melihat mata uang ini dikeluarkan langsung oleh ECB. Artinya, bank-bank nasional seperti Rabobank dan ING tidak diperlukan lagi.

Apakah euro sebagai mata uang kripto merupakan metode pembayaran yang nyaman, dan apakah itu akan berhasil?

Sekarang kita tahu mengapa cryptocurrency diciptakan dan mengapa ia menjadi sangat populer, kita dapat melihat apakah kita juga dapat menemukan karakteristik ini dengan cryptocurrency tertentu. Kami sebenarnya memiliki dua jawaban berbeda untuk pertanyaan ini.

Euro sebagai mata uang kripto bisa menjadi cara pembayaran yang mudah. Kami membayar lebih dan lebih di Internet, dan akibatnya uang tunai semakin sedikit digunakan. Namun, akan selalu ada orang yang akan terus membayar tunai.

Selain itu, euro terenkripsi hanya dapat digunakan di negara-negara yang sudah menggunakan euro. Oleh karena itu, crypto-euro tidak ada gunanya bagi Anda ketika Anda sedang berlibur di Meksiko atau Afrika Selatan. Anda mungkin harus mengonversi mata uang kripto Anda ke mata uang fiat negara tempat Anda berada terlebih dahulu.

Di Eropa kita sudah bisa mentransfer uang ke negara lain dengan cukup mudah. Ini menjadi lebih mudah sejak memasukkan Nomor Rekening Bank Internasional (IBAN). Ini adalah nomor rekening internasional di mana transaksi antar negara yang berbeda dapat dilakukan dengan lebih lancar.

Jadi Anda bisa bertanya pada diri sendiri apa gunanya euro sebagai cryptocurrency. Tentu saja, ada banyak manfaat yang terkait dengannya, seperti Keamanan enkripsi itu penawaran. Pada saat yang sama, mata uang tersebut kemungkinan akan tetap berada di bawah pengelolaan Bank Sentral Eropa. Ini berarti bahwa ini bukan mata uang yang terdesentralisasi, seperti halnya dengan Bitcoin.

Ini membawa kita ke jawaban kedua untuk pertanyaan apakah crypto-euro akan berhasil.

READ  Skala NTT Skala Data Center Dengan Dua Puluh Persen

Cryptocurrency menjadi semakin populer karena mata uang ini tidak berada di bawah kendali otoritas pusat. Mereka adalah koin oleh dan untuk orang-orang “biasa”. Inilah karakteristik yang tidak dimiliki euro sebagai mata uang kripto. Bank Sentral Eropa mungkin akan selalu ingin mengendalikan apa yang terjadi. Bank Sentral Eropa juga akan menentukan apakah koin baru harus dikeluarkan.

Kami juga tidak akan melihat biaya transaksi yang lebih rendah dan waktu pemrosesan yang cepat dalam mata uang kripto Euro. Hanya ketika seluruh dunia menggunakan cryptocurrency ini, kami dapat mentransfer uang dengan biaya rendah ke seseorang di luar Eropa.

Bagaimana cara kerjanya? Ketika Bank Sentral Eropa memilih untuk menjalankan mata uang pada jaringan terdesentralisasi, pilihan diserahkan kepada rakyat. Dengan cara ini mereka dapat melibatkan orang dalam keputusan tertentu yang perlu dibuat. Ini bisa menjadi landasan bersama yang baik, karena Bank Sentral Eropa melepaskan beberapa kekuatan dan warga Eropa menerima lebih sedikit kekuatan daripada cryptocurrency lainnya.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana Bank Sentral Eropa berpikir tentang cryptocurrency? Maka saya menyarankan Anda untuk mendengarkan episode podcast di bawah ini.

kesimpulan

Cryptocurrency sangat populer. Hal ini terutama karena dikelola dengan cara yang terdesentralisasi, orang dapat memperoleh jumlah uang yang relatif besar dengan mereka (karena volatilitas harga yang tinggi) dan karena biaya transaksi rendah, sementara waktu pemrosesan sangat cepat.

Banyak bank sentral sedang mempertimbangkan cryptocurrency khusus untuk metode pembayaran tunai yang saat ini digunakan. Bank Sentral Eropa juga sedang mengerjakan ini. Tetapi apakah euro berguna sebagai cryptocurrency? Apakah Anda akan berhasil?

Cryptocurrency seperti euro masih dapat dikelola oleh lembaga pusat. Masih sulit untuk mengeluarkan cryptocurrency ini di luar Eropa. Hanya ketika seluruh dunia menggunakan cryptocurrency ini akan menjadi berguna, dan sesuatu seperti ini dapat bekerja.

Mungkin hanya ada satu pihak yang akan mendapat manfaat dari cryptocurrency: Bank Sentral Eropa. Mereka akan mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang aliran uang ketika semuanya dicatat oleh sistem ECB.

Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang blockchain dan cryptocurrency setelah membaca artikel ini? Kemudian ajukan pertanyaan Anda di situs kami SemuaTentang grup Facebook Crypto Pakar kami akan menjawab semua pertanyaan Anda.

Apakah Anda memiliki pertanyaan terkait pengkodean lainnya? Cara termudah adalah dengan mencari pertanyaan Anda di FAQ. Yang juga dapat Anda lakukan adalah mencari pertanyaan Anda menggunakan google + “AllesOverCrypto”. Anda kemudian akan dengan cepat mencapai salah satu artikel kami yang lain tentang topik ini, sehingga Anda dapat mempelajarinya lebih lanjut dengan cepat.